Regional

Kemenag Riau Diminta Himbau Masyarakat Tak Rayakan Natal dan Tahun Baru 2021

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau meminta kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) agar mengimbau kepada masyarakat Muslim di Riau tidak merayakan acara pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2021.

“Kami berharap kepada Kanwil Kemenag Riau juga mengambil peran dalam hal ini, terutama mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggelar kegiatan-kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak orang pada libur panjang akhir tahun nanti,” kata Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Dia juga menekankan kepada umat muslim di Riau agar selalu bersikap saling hormat menghormati antar beragama dan tetap menjaga kesatuan persatuan umat. 

Dalam situasi seperti ini, Riau sudah dihadapkan dengan wabah corona berkepanjangan, sehingga sangat mungkin terjadi gesekan-gesekan yang berkaitan dengan permasalahan lain.

Penekanan lain yang juga penting untuk diperhatikan, disampaikan Wagubri, yakni pentingnya menjaga protokol kesehatan dalam setiap kegiatan pada libur natal dan tahun baru 2021 yang nantinya akan digelar.

“Kami berharap semua pihak mengindahkan protokol kesehatan covid-19, sebagai penjaga diri dari penyebaran virus corona. Kami sangat tidak ingin bermuncula klaster-klaster baru pascanatal dan tahun baru 2021 mendatang. Semua ini bisa terwujud kalau satu sama lain dari kita saling menjaga,” tambahnya.

“Kepada unsur pengamanan seperti TNI-Polri juga diharapkan bisa menjaga kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas, merespon cepat dan tepat terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).”

(bpc2)