Kegiatan Nelayan di Riau Diklaim Masih Normal di Tengah COVID-19

Senin, 27 April 2020 16:42
Kegiatan Nelayan di Riau Diklaim Masih Normal di Tengah COVID-19

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Aktivitas nelayan di Provinsi Riau diklaim masih normal di tengah mewabahnya virus corona. Hal ini dipastikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau, Herman Mahfud.

Dia menyadari bahwa wabah corona dipastikan akan mempengaruhi kegiatan para nelayan di Riau baik dari sisi jumlah hasil tangkapan, maupun waktu nelayan mencari ikan. Sebab walau bagaimanapun, pemerintah telah mengeluarkan protokol COVID-19 yang harus dipatuhi oleh setiap orang.

“Berpengaruh pasti ada terutama dari hasil tangkap. Namum sejauh ini kami belum menemukan kendala krusial,” katanya, Senin, 27 April 2020.

Dia memastikan bahwa para nelayan di beberapa daerah di Riau masih terus melaksanakan kegiatan melaut. Sementara perkembangan hasil tangkap para nelayan diklaim juga terus dilakukan pemantauan melalui laporan dari instansi terkait di Pemda masing-masing.

Baca: Gubri Masih Kaji Kemampuan Daerah Untuk PSBB

Herman menambahkan, dampak yang benar-benar dirasakan oleh nelayan diperkirakan pada saat PSBB diberlakukan. Sebab masyarakat akan lebih banyak beraktivitas di rumah sehingga aktivitas jual beli ikan, di pusat-pusat perbelanjaan akan menurun.

Masalah ini tentu akan sangat berdampak pada penurunan jual hasil tangkap nelayan. “Tapi untuk sementara ini penjualan hasil tangkap mereka (nelayan) masih berjalan normal,” ungkapnya. (bpc3)