Jika Karantina Wilayah, Pemda di Riau Harus Jamin Kebutuhan Sembako Masyarakat

Senin, 30 Maret 2020 13:43

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau, Syamsuar mewanti-wanti jika daerah memberlakukan kebijakan karantina wilayah, maka harus menjamin kebutuhan sembako masyarakat.

Hal ini diungkapkan Syamsuar, saat konferensi pers di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Senin, 30 Maret 2020. “Saya minta kepada setiap kepala daerah untuk melakukan antisipasi terhadap kebijakan karantina wilayah, apabila itu diberlakukan,” katanya.

“Sekarang ada banyak kebijakan di berbagai daerah yang melakukan karantina wilayah. Kebijakan itu macan-macam dibuatnya. Tapi ingat, kalau memang kebijakan ini harus diberlakukan yang harus menjadi perhatian kepala daerah adalah ketersediaan logistik.”

“Jangan sampai bikin kebijakan, tapi Pemda tak siap. Terjadilah seperti di Tegal. Demo masyarakat minta makan, sementara barang yang mau dimakan tak ada. Jadi kalau tak siap jangan ikut-ikutan karantina wilayah. Konsekuensi itu ikuti dengan jaminan keamanan dan kondusif, jangan sampai terjadi seperti di India,” sambungnya.

Baca: Untuk Kesekian Kali, Libur Sekolah di Riau Diperpanjang Lagi, Akankah Ini Pertanda Buruk?

Syamsuar mengarahkan, bahwa setiap kebijakan yang akan diambil oleh Pemda hendaknya telah melewati pertimbangan matang, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal demikian menurutnya, harus dilakukan sebaik mungkin. Oleh sebab itu, khusus untuk kebijakan karantina wilayah sebaiknya ditempuh dengan melihat banyak dampak yang akan muncul setelahnya. (bpc3)