Gubri Makin Cemas, Tren Covid-19 di Riau Terus Naik

Selasa, 31 Maret 2020 11:09
Gubri Makin Cemas, Tren Covid-19 di Riau Terus Naik

BERRUAHPOS.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau, Syamsuar cemas melihat tren kasus Covid-19 di Riau terus naik. Kondisi ini menurutnya harus disikapi dengan benar dan segera.

“Kami berharap dalam situasi seperti ini tumbuhnya kesadara masyarakat agar tidak berkerumun, agar mengatur jarak, termasuk membatasi silaturrahmi cukup dengan media sosial saja,” katanya di Pekanbaru, Selasa, 31 Maret 2020.

Advertisement

Dia menambahkan, pemerintah sadar bahwa semua pihak menginginkan kondisi seperti ini segera berakhir. Di Indonesia, dikatakannya, terus mengalami kenaikan kasus, itu juga diikuti naiknya tren kasus Covid-19 di Riau.

“Riau sekarang (trennya) juga naik. Sudah tiga orang yang dinyatakan positif Covid-19, walaupun alhamdulilah, satu diantaranya telah dinyatakan sembuh. Tapi, walau bagaimanapun kami dan masyarakat harus mengantisipasi kondisi ini jika sewaktu-waktu trennya semakin naik,” sambungnya.

Baca: Ini Kendala Swab Masif Kabupaten/kota yang Jadi Penyebab Target Sampel Selalu Tak Tercapai

Syamsuar mengatakan, kewaspadaan tetap perlu ditingkatkan mengingat angka ODP di Riau saja sudah menyentuh angka 10 ribu lebih, karena pemulangan TKI dari Malaysia dan daerah lainnya (zona merah). 

Saat ini, indikasi penyebaran Covid-19 tidak hanya terlihat secara fisik (dengan gejala), tapi ada banyak orang yang terlihat sehat, ternyata Positif Corona. “Inilah yang kamk takutkan. Jangan ini dianggap biasa-biasa saja,” kata Gubri. (bpc3)