Desakan Korporasi di Riau Harus Bantu APD, Ini Komentari Gubri

Jumat, 27 Maret 2020 10:13
Gubernur Riau Syamsuar saat melakukan kunjungan di Kebun Nopi, Kuansing. (Foto: Melba)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU—Gubernur Riau Syamsuar mengatakan bahwa pihaknya telah meminta pihak korporasi terlibat dalam membantu pemerintah dalam menyediakan alat pelindung diri (APD).

Masalah ini juga sempat mendapat kritik dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR). Perusahaan di Riau seharunya menunjukkan rasa kepeduliannya di tengah wabah corona. “Kami sudah meminta bantuan kepada perusahaan, terutama untuk APD. Dan mereka sudah merespon,” kata Syamsuar.

Dia menambahkan, kondisinya untuk saat ini memang alat pelindung diri yang minim sehingga baik pemerintah maupun perusahaan sangat sulit mendapatkan APD. Syamsuar menyebut, pihaknya sudah mengajukan ke pemerintah pusat dan diharapkan segera dipenuhi.

“Saat ini APD-APD yang ada itu, bantuan dari komunitas-komonitas dan kami distribusikan dulu kepada tenaga medis, karena mereka yang saat ini sangat membutuhkan,” sambungnya.

Baca: Pemprov Sumbar Tetapkan Tujuh Lokasi Karantina

Selain itu, LAM Riau menilai, sudah selayaknya perusahaan sawit dan HTI di Riau untuk terlihat aktif dalam penanganan Covid-19. Mengatasi masalah ini tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah dan medis semata, melainkan harus melibatkan semua komponen. (bpc3)