Covid-19, Tak Ada Lagi Zona Merah di Riau

Kamis, 19 November 2020 11:31
Covid-19, Tak Ada Lagi Zona Merah di Riau
Gubenur Riau Syamsuar menenun. (Diskominfotik Riau)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar mengkonfirmasi bahwa tak ada lagi daerah di Riau berstatus zona merah. Sejumlah daerah kini sudah bersatus zona orange, dan beberapa lainnya zona kuning.

“Berangkat dari kondisi ini artinya perkembangan kasus Covid-19 di Riau sudah menunjukkan tren penurunan. Ini dibuktikan dengan tidak adanya lagi daerah di Riau yang masuk zona Merah Covid-19,” ungkapnya, Kamis, 19 November 2020 di Pekanbaru.

Advertisement

Tolok ukur lainnya, yakni positive rate yang diklaim juga mengalami penurunan. Syamsuar mengatakan saat ini Riau sudah di bawah angka 1% (0,82%).

Meski demikian, Gubri Syamsuar tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak.

Baca: CUACA RIAU AKHIR PEKAN : Malam Ini Sebagian Besar Riau Diguyur Hujan

“Mari kita disiplin dalam rangka menegakkan protokol kesehatan agar suasana ini bisa kita pertahankan dan angka kesembuhan ini harus kita tingkatkan,” katanya.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau dokter Indra Yovi menyebut, idealnya tren penyebaran corona di Riau melandai. Karena jika dilihat dari angka kasus terkonfirmasi, masih tergolong tinggi, walau memang sedikit mengalami penurunan.

Harus menjadi titik fokus adalah penanganan terhadap pasien Covid-19 yang meninggal. Sejak angka kasus terkonfirmasi di Riau melonjak, hampir setiap hari selalu ada pasien Corona yang meninggal dunia. 

“Oleh sebab itu, kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berueforia. Bagaimanapun wabah Corona belum selesai dan masih harus dilakukan penanganan serius kepada pasien-pasien, terutama mereka yang terkonfirmasi OTG,” ujarnya. (bpc2)