Covid-19: Riau Minta Penjagaan Wilayah Perbatasan Diperketat

Kamis, 01 Oktober 2020 17:31
Covid-19: Riau Minta Penjagaan Wilayah Perbatasan Diperketat
Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau meminta kepada petugas agar melakukan penjagaan di wilayah pintu masuk diperketat. Langkah ini dianggap perlu dilakukan untuk meminimalisir penyebaran wabah corona di provinsi ini.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya, Kamis, 1 Oktober 2020. “Saat ini kasus corona di Riau melonjak tajam, saya harap wilayah perbatasan dan pintu masuk diperketat,” ungkapnya.

Advertisement

Sebelumnya, dalam rapat evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) pada 30 September 2020, Pemprov Riau bersama Pemko Pekanbaru menyepakati perpanjangan PSBM di Kecamatan Tampan dan diberlakukan PSBM di riga kecamatan lainnya, yakni Marpoyan Damai, Bukit Raya dan Payung Sekaki.

Kepada aparat terkait, Yan Prana menegaskan agar lebih memperhatikan kawasan perbatasan. Terhadap siapa saja yang masuk ke Riau tetap memberlakukan kebijakan yang mewajibkan semua warga harus melakukan pemeriksaan. 

Baca: Ahli Epidemiologi: Peningkatan Kasus Corona di Riau 80% Diindikasi dari OTG

“Tujuannya  untuk mendeteksi apakah terjangkit Covid-19 atau tidak. Kami telah meminta Dinas Perhubungan untuk mengaktifkan kembali penjagaan di perbatasan wilayah Riau seperti sebelumnya,” ujarnya.

Dengan adanya penjagaan di wilayah perbatasan, diharapkan setiap orang yang masuk ke Riau bisa terpantau terlebih dahulu, dengan memperlihatkan dokumen-dokumen pendukung kepada petugas.

Dengan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau perharinya melebihi angka seratus, ia khawatir jika daerah perbatasan tidak dijaga ketat maka akan membuat Riau semakin susah untuk melakukan upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat mematuhi Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 yang mengatur tentang sanksi pelanggaran protokol kesehatan. “Ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan selama vaksin belum ditemukan,” tutupnya.

Kemudian, dia juga meminta kepada semua pihak agar selalu mengingatkan masyarakat terkait kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Anjuran pemerintah ini, merupakan standar kehidupan normal baru di tengah mewabahnya virus covid-19. (bpc2)

#satgascovid19 #igatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Berita Terkini

Rabu, 28 Oktober 2020 18:10

STISIP Persada Bunda Jalani Asesmen Lapangan oleh BAN PT Secara Daring

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan (AL) secara daring terhadap Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisip)…

Rabu, 28 Oktober 2020 14:46

Menghentikan Ancaman Hidrometeorologi, Cabut Izin Korporasi Perusak Hutan

#hutan #Hidrometeorologi

Rabu, 28 Oktober 2020 14:22

UMP Riau Sudah Ditetapkan

#ump #upah

Rabu, 28 Oktober 2020 14:13

Sri Mulyani: Pemda Akan Disuntik Insentif

#srimulyani #keuangan

Rabu, 28 Oktober 2020 14:01

Hati-hati Munafik Beribadah Kepada Allah

ISLAMPEDIA