BI Sebut Inflasi Riau Perlu Disiasati dengan Siklus Tanam

Rabu, 07 April 2021 11:39
BI Sebut Inflasi Riau Perlu Disiasati dengan Siklus Tanam
Kepala BI Kantor Perwakilan Riau Decymus. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Bank Indonesia (BI) menyatakan pola pergerakan inflasi di Riau sudah terbaca, yakni biasa terjadi di momentum tertentu. Menurut Kepala BI Kantor Perwakilan Riau Decymus, upaya yang bisa dilakukan untuk mengendalikan inflasi yakni dengan mengatur siklus tanam. 

“Stabilitas Bapok perlu dijaga karena memang Riau defisit. Setelah itu, pola inflasi juga sudah terbaca. Oleh sebab itu  itu perlu dijaga siklus tanam oleh petani,” katanya usai menghadiri HLM TPID se-Riau di Pekanbaru, Rabu, 7 April 2021.

Advertisement

Dia menambahkan, momentum inflasi di Riau dapat dilihat terutama menjelang hari-hari perayaan keagamaan, seperti Ramadhan dan Idul Fitri. “Termasuk juga habis musim panen, biasanya Riau inflasi,” jelasnya.

Dengan demikian, agar tidak terjadi lonjakan harga Bapok yang signifikan dan tak berulang, maka perlu mengatur siklus tanam petani. Dengan demikian, petani tidak melakukan tanam di masa bersamaan.

Baca: Durian juga Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh, Mulai dari Atasi Sembelit Sampai Anemia

BACA JUGA:  Video: BI Minta Masyarakat Riau Tahan Belanja Saat Lebaran

“Jadi ketika panen, petani juga yang celaka karena harganya sangat jatuh. Sementara pascapanen, malah stok nggak ada. Makanya untuk menjaga stabilitas harga, maka pola tanamnya yang diatur sedemikian rupa,” kata Decymus.

Dia menambahkan, BI mendorong kepada OPD-OPD terkait agar sedini mungkin memberikan edukasi kepada petani untuk mengatur pola tanam mereka untuk menjaga stabilitas harga Bapok.

“BI sejak awal sudah memberikan edukasi kepada kelompok tani binaan kami, agar kalau mereka menanam tidak dalam waktu yang bersamaan. Supaya produksi pangan penting, selalu terjaga,” sebutnya.

“Sebetulnya untuk inflasi di Riau ini hanya kelompok tertentu saja yang perlu dijaga. Kelompok bawang-bawang, kelompok cabai, kemudian ayam dan telur,” kata Decymus. (bpc2)

Berita Terkini

Jumat, 23 April 2021 14:25

TNI Yakini KRI Nanggala 402 Kini Dalam Posisi Diam

KRI Nanggala 402

Jumat, 23 April 2021 13:25

Aktivitas Penumpang Mudik di Terminal BRPS Pekanbaru Kian Menurun

Rata-rata penurunan jumlah penumpang 5-10%.

Jumat, 23 April 2021 13:00

Guys, Berikut Ini Rekomendasi 5 Baju Lebaran Keluarga Paling Hits

Baju Lebaran Keluarga Paling Hits

Jumat, 23 April 2021 12:35

3 Roket Sasar Tentara AS di Baghdad

Serangan Roket