Antisipasi Banjir Akhir Tahun, Riau Sudah Disiagakan Tempat Pengungsian

Senin, 09 November 2020 12:47
Antisipasi Banjir Akhir Tahun, Riau Sudah Disiagakan Tempat Pengungsian
Banjir di Kampar, Riau (Foto: Istimewa/Antara)

BERTUHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau telah menyiagakan tempat pengungsian dalam rangka antisipasi musibah banjir di akhir tahun. La Nina yang diperkirakan sudah berlangsung saat ini, berpotensi tingginya intensitas curah hujan sehingga membuat sejumlah daerah di Riau akan terjadi banjir.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, provinsi sudah berkoordinasi dengan pemerintah di kabupaten/kota agar persiapan antisipasi dilaksanakan sedini mungkin. Terutama untuk tenda pengungsian jika memang dibutuhkan.

Advertisement

“Sekarang Indonesia masuk La Nina, kita menghadapi musim hujan. Kalau hujan terjadi akan terjadi banjir. Kita tahu bahwa beberapa daerah kita ini sering kebanjiran,” kata Syamsuar, Senin, 9 November 2020.

Adapun daerah-daerah yang didorong agar sesegera mungkin mempersiapkan tempat pengungsian, yakni pemukiman yang berada di sekitar sungai Kampar, Pelalawan, kemudian Rengat, Rokan Hilir, ada beberapa spot di daerah yang menjadi langganan banjir, termasuk Pekanbaru.

Baca: Komisi I DPRD Riau Desak Sekda Bisa Terpilih Dua Pekan Kedepan

BACA JUGA:  ACT Segera Layarkan Bantuan Kemanusiaan dari Riau untuk Sulbar dan Kalsel

“Karena ini Pandemi Covid-19, kita juga harus siap sedia mengantisipasi kemungkinan yang terjadi, kalau memang harus kita melakukan pengungsian, kita akan buka tempat pengungsian,” ujarnya. 

Syamsuar berharap, selain tempat pengungsian yang disiapkan dengan baik juga harus sesuai dengan protokol kesehatan. “Kita tidak mengharapkan pengungsian. Mudah-mudahan la Nina tidak terlalu lama terjadi, sehingga di daerah kita ini tidak ada banjir,” ujarnya. (bpc2)