2 Daerah di Siak Ini Paling Berpotensi Rawan Karhutla

Kamis, 11 Februari 2021 14:35
2 Daerah di Siak Ini Paling Berpotensi Rawan Karhutla
Karhutla. (Mogabay)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU¬†—¬†Kabupaten Siak masuk dalam daftar salah satu daerah di Riau rawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Belum lama ini, berhektar-hektar lahan di beberapa daerah di Siak terbakar.

Menurut Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto, upaya pemadaman yang sudah dilakukan oleh tim terpadu terdiri dari Polres, Manggala Agni, BPBD dan MPA waspada karhutla, di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, dan Mempura serta Kecamatan Dayun.

Di Kecamatan Sungai Apit setidaknya sudah delapan hektare lahan terbakar, sedangkan di Mempura ada dua hektare. Pada Minggu-Senin lalu, kebakaran lahan di daerah masih terjadi dengan luas sekitar 3,5 hektare, dan sudah dipadamkan.

“Setelah kami data, hampir seluruh wilayah di Kabupaten Siak rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Hal itu menjadi atensi kami,” jelas Kapolres Gunar.

BACA JUGA:  Lemahnya Manajerial Bikin Tertinggal

Baca: Pekanbaru Masih Duduki Angka Kasus Kematian Akibat Covid-19 Tertinggi

Namun, menurut catatannya, daerah paling rawan terdapat di Kecamatan Sungai Apit dan Kecamatan Dayun, mengingat ada ketebalan gambut hingga 12 meter daerah itu.

“Kita siapkan personel, tidak hanya di Polres tapi juga seluruh Polsek. Demikian juga peralatan untuk melaksanakan kegiatan pemadaman dan pencegahan kebakaran lahan,” terang Kapolres Gunar. (bpc2)