Kubu Manggis Bakal Jadi Sentra Perumahan di Rohul

Selasa, 08 Oktober 2013 05:34
Kubu Manggis Bakal Jadi Sentra Perumahan di Rohul

BERTUAHPOS.COM, PASIRPANGARAIAN– Pada tahun 2014 mendatang, Pemkab Rokan Hulu merencanakan akan membangun Jalan Lingkar Luar Barat dari Kampus Universitas Pasirpangaraian (UPP) hingga Desa Tanjung Belit, Kecamatan Rambah.

Dampak pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat dengan perencanaan menggunakan dana APBD Murni 2013 dan pembangunan menggunakan APBD Murni 2014 tersebut akan mengubah kawasan Kubu Manggis, Desa Rambah Tengah Utara, Kecamatan Rambah sebagai sentra perumahan atau pemukiman masyarakat.

“Kawasan Kubu Manggis ini direncanakan Pak Bupati (Drs.H. Achmad M.Si) akan menjadi pilot project sentra (pusat) pemukiman masyarakat,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Rohul Herry Islamy ST,MT, melalui Kabid Prasarana Jalan BMP Rohul Anton ST,MT, di Pasirpangaraian, Selasa (8/10/2013).

Anton mengakui, kini dinas BMP Rohul telah mengerahkan sedikitnya tiga alat berat (gleder, beko loader, dan Pibro) ke Desa Tanjung Belit untuk melakukan pemeliharaan bahu jalan aspal secara swakelola, sebagai awal pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat Pasirpangaraian.

Baca: Kenaikan bunga KPR tekan properti menengah bawah

Sebagai pilot project sentra perumahan masyarakat, kawasan Kubu Manggis juga akan didukung oleh Jalan Lingkar Luar Barat yang menghubungkan Desa Tanjung Belit, Kubu Manggis hingga Kampus UPP.

“Sesuai arahan Pak Bupati, sebelum dibangun pihak konsultan diminta meng-ekspos lebih dulu hasil perencanaan pembangunan jalan yang akan dilaksanakan,” ujarnya.

Sesuai rencana, Jalan Lingkar Luar Barat yang akan dibangun sepanjang 20 Kilometer dengan dua jalur dengan lebar 20 meter. Setelah ekspos dilakukan konsultan dan diterima oleh kepala daerah, maka baru dilakukan sosialiasi tahap pembebasan lahan melibatkan Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setdakab Rohul.

Anton menambahkan, untuk sentra perumahan, sesuai rencananya akan dibuat lahan yang sudah dibebaskan Pemkab Rohul di lahan yang semula untuk Sport Centre di kawasan Kubu Manggis.

“Pasca perencanaan nanti, baru dilakukan pembebasan lahan dan kemudian penganggaran pembangunan jalan dua jalur di Jalan Lingkar Luar Barat,” jelas Anton.

Dia mengharapkan masyarakat bersabar, karena pada tahun depan pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat segera direaliasikan dan pada tahun ini baru dilakukan perencanaan. Saat ini, 3 unit alat berat milik Dinas BMP Rohul sudah mulai bekerja melakukan pemeliharaan bahu jalan aspal secara swakelola hingga Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Tanjung Belit.

“Setelah pemeliharaan jalan di Tanjung Belit, selanjutnya pemeliharaan jalan di Kubu Manggis hingga Kampus UPP. Pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat juga menjadi prioritas dan harus dituntaskan tahun 2014,” tambah Anton lagi.(riauterkini.com)