Virus Corona, Perludem Minta KPU Siapkan Skenario Pilkada Lanjutan

Selasa, 17 Maret 2020 10:46
Virus Corona, Perludem Minta KPU Siapkan Skenario Pilkada Lanjutan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) meminta KPU untuk menyiapkan skenario pemilihan lanjutan untuk Pilkada serentak 2020.

Manajer Program Perludem, Fadli Ramadhanil dalam siaran pers yang di terima bertuahpos.com menyebutkan bahwa pendemi virus Corona (Covid-19) sudah menjadi bencana nasional yang berdampak pada tahapan pelaksanaan pilkada serentak.

Advertisement

“Dan sesuai pasal 120 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 yang menyebutkan diadakan pemilihan lanjutan jika terjadi bencana alam, maka penting bagi KPU untuk segera menyiapkan skenario pemilihan lanjutan tersebut,” terang Fadli.

Fadli juga meminta KPU segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengatur pelaksanaan pilkada yang sesuai dengan langkah-langkah pencegahan virus Corona.

Baca: 145 Warga Sumbar Sembuh dari Corona

“Penting bagi KPU agar segera merespon Covid-19 dan keterkaitannya dengan tahapan pelaksanaan pilkada 2020. Karena fokus saat ini adalah keselamatan warga negara agar penularan virus Covid-19 tak semakin membesar,” tambah Fadli.

Sementara itu, Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto mengatakan sampai saat ini belum ada perintah dari KPU RI untuk menghentikan tahapan pilkada. Namun, sejumlah protokol pencegahan penularan virus Corona sudah ditetapkan.

“Terkait tahapan pilkada, sampai hari ini blm ada perintah berhenti. Yang ada adalah melakukan protokol terhadap SDM KPU dan pihak terkait agar pelaksanaan tahapan pilkada berjalan baik, selamat, dan terhindar dari virus Corona,” pungkas Nugroho. (bpc2)