Karhutla, Heli Puma TNI AU Laksanakan Patroli Udara

Minggu, 04 Juni 2017 23:16
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Lanud Roesmin Nurjadin selaku Satgas Udara dalam Satgas Karhutla Riau melaksanakan patroli udara dengan menggunakan helikopter Puma TNI AU yang berada di Lanud Rsn, Minggu (4/6/2017).
 
Helikopter Puma tail number HT-3309 dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor ini melakukan pemantauan di wilayah kabupaten Rokan Hulu setelah sebelumnya mendapatkan informasi dari Satgas tentang adanya hotspot di wilayah tersebut.
 
“Dari hasil pantauan patroli, untuk area dengan confidence hotspot 80% dilaporkan sudah padam,” ujar Mayor Lek Ferry Duwantoro selaku Kasibaseops Disops Lanud Rsn
 
Ditambahkannya, dalam patroli ini juga terpantau adanya area yang terbakar, yang berlokasi di Koto Kampar Hulu Kampar dengan koordinat N 00o 27 07.1, E 100o 2931, dan ditindaklanjuti oleh Satgas Karhutla dengan melaksanakan water bombing di lokasi tersebut.
 
Sementara itu Danlanud Rsn Marsma TNI T.B.H Age Wiraksono, menyampaikan bahwa Lanud Rsn sebagai bagian dari Satgas Karhutla Riau, akan terus mendukung upaya-upaya Satgas Karhutla untuk menanggulangi Kahutla.
 
“Sesuai arahan pimpinan, TNI AU sangat concern dengan permasalahan Karhutla, salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan memperbantukan helikopter TNI AU yang melaksanakan stand by SAR di Lanud Rsn untuk mendukung tugas Satgas Karhutla,” lanjut Danlanud.
 
Selain itu, Lanud Rsn dikatakan Danlanud akan berkomitmen untuk bersinergi serta berkoordinasi bersama-sama dengan pemerintah provinsi, BPBD Riau, jajaran TNIPolri di Riau serta elemen lain yang tergabung di dalam Satgas Karhutla melakukan upaya-upaya yang diperlukan untuk dapat mencapai Riau Bebas Asap di tahun 2017. (Bpc8/ol)