Tahun ini, ekspor sepeda motor RI menanjak 122%

Selasa, 26 Agustus 2014 14:20

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA -  Selain mobil, produksi sepeda motor di Tanah Air juga banyak dipasok untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Tahun 2014, ekspor sepeda motor di Indonesia ditargetkan bisa mencapai 60 ribu unit, naik signifikan hingga 122% dibandingkan tahun lalu yang masih 27 ribu unit.

Lonjakan pertumbuhan ini dipacu oleh gencarnya pabrikan di Indonesia memproduksi sepeda motor khusus ekspor, yakni motor-motor sport dengan ukuran 250 cc.

Tahun lalu, ekspor kita masih kecil. Sekitar 20 ribu unit. Produksi Yamaha dan Kawasaki dengan model-model terbaru khusus ekspor, akan mendongkrak ekspor tahun ini. Sampai akhir tahun bisa 60 ribu unit, kata Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata di Jakarta, Senin (25/8/2014).

Peningkatan ekspor, menurut Gunadi, salah satunya dikontribusi dari pabrik baru milik Kawasaki. Pada pertengahan April lalu, Kawasaki Heavy Industries Ltd telah menuntaskan pembangunan pabrik baru berkapasitas 150 ribu unit per tahun di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Baca: Best Deal dari KIA, Beli Mobilnya dan Pilih Sendiri Hadiahmu

Presiden Direktur PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Yoshihiro Tanigawa sebelumnya mengatakan, hasil produksi pabrik itu akan dipasok untuk pasar domestik dan ekspor ke negara-negara berkembang. Pabrik senilai US$ 102,7 juta ini ini akan memproduksi empat model motor Kawasaki, yakni Ninja RR Mono 250, KLX 150S, KLX150L, dan D-Tracker150.(Kabarbisnis)