Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harga CBR500R

Senin, 29 Februari 2016 11:50

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda CBR500R sebagai line up terbaru jajaran big bike di Indonesia sekaligus segarkan Honda CB500F, Honda CB500X ABS dan Honda CB650F ABS yang memiliki tampilan baru.

Untuk memenuhi kebutuhan pecinta motor besar, AHM melengkapi kehadiran jajaran big bike Honda ini dengan memperluas dan meningkatkan layanan premiumnya di jaringan sepeda motor Honda di Indonesia.

“Khusus model CBR500R, kami telah menerima banyak permintaan dari konsumen agar model ini diperkenalkan di Indonesia untuk konsumen yang mendambakan pengendalian sempurna dan desain Supersport yang agresif. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami memutuskan untuk memperkenalkan CBR500R versi terbaru di tanah air,” katanya.

Spesifikasi dan Harga CBR500R

Baca: All New Alya Dekati Konsumen di Mal SKA

CBR500R telah di desain ulang dengan garis baru yang agresif dan mengalir dari sisi depan ke belakang dengan didukung mesin 500cc DOHC (mampu menghasilkan 35kw dan konsumsi bahan bakar 26,8 km/liter dengan mode WMTC) dan rangka besi diamond tube yang tetap sama. Keseluruhan styling ini berubah dan menghasilkan bentuk yang aerodinamis untuk melesat sempurna, lampu depan dan belakang LED semakin menambah tampilan premium.

Kapasitas tangki yang semakin besar dengan pengembangan detail tutup tangki hinged fuel cap, sistem pengereman yang diatur sampai 5 level sesuai dengan karakter pengendara, perubahan bentuk tempat duduk dan penggunaan kunci kontak bergelombang atau wave yang meningkatkan kenyamanan serta tampilan saat berkendara.

Dalam pengembangan model ini Honda berkomitmen untuk mempertahankan modelnya yang compact, namun tampil unik dan garis yang tajam. Model ini mengadopsi DNA CBR1000RR yang memiliki garis bodi berkarakter sporti dengan desain Supersport yang agresif.

Dari sisi tampilan sisi depan yang dilengkapi dengan bentuk fairing semakin tajam dan sporti menyisir setiap lekukan sudut hingga lampu belakang.  Sudut yang tajam dari lampu depan ganda dengan teknologi LED tampil compact namun hadir dengan pencahayaan yang terang dikombinasikan dengan lampu senja (postion lamp) berkontribusi memberikan tampilan sudut  CBR500R yang tegas.

CBR500R dilengkapi dengan mesin 8-valve liquid-cooled parallel twin mampu menghasilan layout yang memberikan keseimbangan sempurna untuk ukuran tubuh dan performa yang fleksibel.  Proporsi segitiga dari crankshaft, main shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dalam dan rekayasa teknik  diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

PGM-FI fuel injection menghasilkan performa menakjubkan dan tenaga mencapai puncak 35kW  tiba di 8.500 rpm di torsi 43Nm pada 7.000 rpm. Mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan yang melibatkan kekuatan rangka yang dilengkapi dengan 4 frame hanger yang ada di cylinder head.

Kotak transmisi 6 percepatan serupa dengan RR yang menggunakan transmisi yang sama sesuai desain swing arm dan mekanisme yang saling bertautan.  Perubahan di 2016 in akan membuat berkendara di perkotaan lebih nyaman, shift drum stopper spring loads telah diperbaiki sejalan dengan perubahan bentuk dari shift drum pusat.  Hasilnya perpindahan gigi yang lebih halus dan mudah.

Rute aliran gas dari kotak udara ke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder.  Desain knalpot terbaru dengan desain 2 ruang internal dipadukan dengan pipa penghubung berlubang; secara bentuk lebih pendek (ditambah dengan sentralisasi massa), lebih ringan 2 kilogram dan menghasilkan suara raungan yang mengesankan saat menarik tuas gas.

CBR500R memiliki diameter besi 35mm tipe diamond-tube sebagai rangka utama yang ringan dan kuat dengan penyelerasan yang sesuai memberikan kenyamanan bagi pengendara di berbagai kondisi jalanan.  Bentuk dan posisi dari engine mount ditambah dengan keseimbangan kekuatan rangka mampu mengurangi getaran.

Jarak sumbu roda 1410mm dengan sudut kemiringan supensi depan dan trail telah disesuaikan di 25.5°/102mm menghasilkan kelincahan dan pengendalian yang sempurna. Sentralisasi massa dimana mesin sangat dekat dengan titik swingarm pivot memberikan kelincahaan saat bermanuver dan optimalisasi distribusi beban depan / belakang menghasilkan stabilitas sempurna. Berat kotor 194 kg.

Ketinggian jok 785mm, membuat CBR500R sangat mudah dikendalikan dan posisi berkendara yang sporti memberikan kenyamanan pengendara dengan postur tubuh yang berbeda berkat posisi stang yang relatif tinggi.

Suspensi depan teleskopik berukuran 41mm dan 120mm stroke memberikan pengendalian sempurna dan di tahun 2016 ini model CBR500R dilengkapi dengan suspensi yang bisa diatur tingkat redamannya serta penyematan warna biru di sisi atas suspensi yang memberikan kesan mewah dan modern. Suspensi Pro-Link disematkan di sisi belakang dengan pengaturan hingga 9 tingkatan bekerja melalui box-section swingarm besi yang kuat.  Sensasi berkendara sempurna dihasilkan dari 520 sealed chain.

Velg berukuran 17 inchi terbuat dari alumunium berbobot ringan dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan.  Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17.  Rem cakram depan beralur gelombang dengan ukuran 320mm dan kaliper rem berpiston ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan kaliper piston tunggal.  Pemasangan di tipe ABS sama dengan tipe standar.

Honda CBR500R dipasarkan dengan harga OTR (DKI Jakarta) Rp 144.000.000,- telah dilengkapi dengan teknologi ABS untuk kenyamanan dan keamanan optimal. Honda CBR500R hadir dengan dua pilihan warna yaitu Gunpowder Black dan Millenium Red.

Penulis: Iqbal/rls