Mau Berkendara dengan Nyaman dan Aman? Ikuti Tips Berikut Ini

Selasa, 22 September 2020 03:48
Mau Berkendara dengan Nyaman dan Aman? Ikuti Tips Berikut Ini

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU Sepeda motor menjadi salah satu kebutuhan setiap orang untuk berpergian. Sepeda motor dinilai sebagai kendaraan cepat yang tidak peduli dengan kondisi macet karena dengan sepeda motor maka seseorang bisa tetap berjalan menyalip dan sampai tujuan.

Sepeda motor dinilai sebagai kendaraan yang praktis, ekonomis dan mudah digunakan. Baik para remaja, pelajar, mahasiswa, ibu-ibu maupun bapak-bapak sudah akrab menggunakan kendaraan ini. 

Advertisement

Namun sangat disayangkan, kendaraan roda dua ini yang banyak digunakan orang banyak justru menduduki tingkat terbesar kecelakaan di jalan raya.

Salah satu penyebab kecelakaan sepeda motor, yaitu kurangnya pengetahuan dari pengendara akan posisi berkendara yang benar. Khususnya, pada pemula yang banyak menggunakan skuter matik.

Baca: Raup Pendapatan Rp12,6 Triliun, Ini Dia Film Terlaris DC Sepanjang Masa

Yuk simak beberapa tips berkendara motor yang aman dan nyaman.

Pastikan posisi berkendara benar. Salah satu penyebab mudah capek saat berkendara motor jarak jauh ialah posisi berkendara yang salah. Padahal posisi berkendara yang benar sangat penting. 

Selain membuat tubuh tidak lelah juga demi keamanan saat berkendara jarak jauh.

Untuk itu, cobalah duduk dengan nyaman di atas jok motor, jangan terlalu ke depan atau ke belakang dari jok. Posisi duduk kaki masuk ke dalam atau menekan jok. 

Misal untuk pengguna motor sport, posisi paha menekan tangki motor. Selain tidak membuat capek, posisi ini juga diklaim bisa membuat motor yang dikendarai lebih stabil.

Menggunakan perlengkapan riding. Pastikan selalu gunakan perlengkapan berkendara yang sesuai standar.Misal, menggunakan helm SNI, menggunakan masker hingga menggunakan sepatu. 

Gunakan perlengkapan yang dirasa nyaman, jangan memaksakan menggunakan perlengkapan yang tidak sesuai. Selain membuat mudah lelah juga bisa membahayakan.

Jangan membawa barang terlalu banyak. Hal ini sering ditemukan pada pengendara motor jarak jauh di musim mudik. Maka dari itu, kamu sebaiknya jangan membawa barang berlebih saat berkendara motor jarak jauh. 

Selain mengganggu dan menambah berat motor, barang bawaan yang berlebih ternyata juga mengganggu kestabilan saat membawa motor.

Pengendara bisa cepat lelah karena harus mengendalikan motor lebih berat dari biasanya. Tidak hanya itu, tempatkan pula barang bawaan dengan baik dan benar agar laju motor stabil dan pengendara nyaman.

Pastikan istirahat cukup. Berkendara motor jarak jauh memang melelahkan. Banyak orang justru memacu kendaraan agar dapat cepat sampai tujuan.

Bila terlalu lelah, kita akan mudah mengantuk dan itu berbahaya saat berkendara. Maka sebaiknya selalu istirahat setiap 2 atau 3 jam berkendara. Hal ini penting untuk mengembalikan daya tubuh dan kondisi motor.

Jaga kecepatan kendaraan. Supaya kamu tidak mudah capek saat berkendara motor jarak jauh dan berkendaralah dengan santai. Santai di sini tidak terlalu pelan juga tidak terlalu cepat. 

Banyak orang yang mengendarai kendaraannya asal-asalan. Tidak heran, banyak pengguna yang jadi terpancing emosi dan ikut berkendara ugal-ugalan. 

Hal ini justru membuat tubuh mudah lelah. Maka berkendaralah santai dan sabar. Dan jangan lupa bawa surat-surat lengkap. (mg2)

Berita Terkini

Rabu, 28 Oktober 2020 11:37

Harga TBS Sawit di Riau Turun Sepekan Kedepan

#hargatbs #sawit #buahsawit #sawitriau

Rabu, 28 Oktober 2020 11:20

Maulid Nabi, Pemuda dan Spirit Perubahan

#sumpahpemuda #maulidnabi #opini

Rabu, 28 Oktober 2020 10:16

Sejak Ditukangi Pep, City Sudah Cetak 600 Gol

#BOLA

Rabu, 28 Oktober 2020 10:01

Facebook Respon Soal Hacker Iran yang Ganggu Pilpres AS

#hacker #facebook #pilpresas

Rabu, 28 Oktober 2020 09:30

Apa Masalah Kita?

#sumpahpemuda

Rabu, 28 Oktober 2020 05:00

Catatan Sejarah 28 Oktober: Lahirnya Sumpah Pemuda

#SUMPAHPEMUDA