Honda & Yamaha Kolaborasi Bikin Motor Keren Khusus Pelajar & Wanita

Senin, 17 Mei 2021 14:02
Honda & Yamaha Kolaborasi Bikin Motor Keren Khusus Pelajar & Wanita
Motor matic Vino

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pabrikan Honda dan Yamaha dikenal sebagai kompetitor namun kerjasama bikin motor matic baru khusus pelajar dan wanita.

(Informasi lainnya tentang sepeda motor dapat dilihat di OTOMOTIF).

Advertisement

Motor tersebut diberi nama Honda Vino sudah launching dan dijual bebas di pasaran. Namun yang melaunching malah pabrikan Yamaha dan dikasih nama Yamaha Vino bukan Fino loh.

Jika dilihat sekilas memang mirip dengan Yamaha Fino yang ada di Indonesia. Yamaha Vino hanya dibekali mesin 50 cc saja. Motor matic ini sama seperti motor matic Yamaha pada umumnya.

Baca: Capella Optimis, CBR 150R Tembus 150 Unit per Bulan

Tapi, coba tengok ke bagian dapur pacu alias mesin. Mengutip dari 2banh.vn, Yamaha Vino memakai mesin milik Honda loh. Yap, mesin yang digunakan memakai teknologi Enhanced Smart Power (eSP).

Yamaha Vino memang hasil kerja sama dari Yamaha dan Honda. Pada penghujung 2016, Honda dan Yamaha mengumumkan kerja sama produksi skutik 50 cc untuk pasar domestik guna memangkas biaya produksi.

Selain mesin, teknologi Honda lain yang disematkan yaitu Idling Stop Engine. Tangki bahan bakar motor ini juga relatif besar di kelasnya, yaitu 4,5 liter.

Mesin motor ini adalah buatan Honda dengan silinder tunggal 50 cc eSP, pendingin air, menghasilkan 3,3 hp pada 8.000 rpm, dan torsi 4,1 Nm pada 6.000 rpm.

Motor ini juga dikhususkan untuk para pelajar dan wanita yang menggunakannya di dalam kota. Bobot motor skutik terbilang enteng hanya 81 kg, sangat nyaman dan cocok untuk tubuh orang Jepang.

Secara keseluruhan desain motor ini terlihat membulat pada setiap detail, seperti lampu depan, cover headlamp, dan bodi.

Headlamp halogen bulat ini mirip dengan Yamaha Mio Classico, sepasang lampu sein bulat juga tersusun di bagian bawah tameng depan motor ini. Stoplamp motor ini terlihat sangat menonjol dengan desain mengotak yang agak besar.

Lampu sein belakang juga memiliki desain serupa dengan bagian depan. Bagian setang berwarna krom yang cantik, spidometernya juga unik gabungan analog dan digital. 

Bagian dek tengah terdapat slot USB charger 12V 1A, sedangkan bagasi jok-nya berukuran 20 liter. Untuk kaki-kakinya, Yamaha Vino memakai pelek dan ban berukuran ring 10 inci. Peluncuran kali ini dibuat buat pasar otomotif Jepang.

Namun harganya kalau dikonversi dalam Rupiah bikin melongo untuk motor 50 cc. Banderol motor Yamaha rasa Honda ini dijual 203.500 yen, setara Rp 27 jutaan. (bpc2)