Seleksi Terbuka, 62 Orang Lolos untuk Pemain Futsal Kuansing 

Senin, 26 Juli 2021 14:26
Seleksi Terbuka, 62 Orang Lolos untuk Pemain Futsal Kuansing 

BERTUAHPOS.COM, TELUKKUANTAN – Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau telah melaksanakan seleksi terbuka pemain futsal Kuansing yang berlangsung sejak 23-25 Juli 2021. 

Menurut Kaswira Nondri, Ketua AFK Kuansing, seleksi terbuka merupakan langkah awal pihaknya dalam mencari pemain futsal Kuansing. 

“Seleksi terbuka ini dilakukan di tiga rayon. Alhamdulillah, peserta yang ikut sangat membludak. Ini membuktikan bahwa generasi muda Kuansing sangat berminat dengan olahraga futsal,” ujar Kaswira, Senin 26 Juli 2021 siang di Teluk Kuantan. 

Rayon I meliputi Kecamatan Gunung Toar, Kecamatan Kuantan Mudik, Kecamatan Hulu Kuantan dan Kecamatan Pucuk Rantau dilaksanakan di Seberang Pantai. Peserta yang ikut sebanyak 28 orang. 

Baca: PSSI Berharap Timnas Raih Hasil Maksimal di Sisa Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022

Kemudian, rayon II meliputi Kecamatan Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Pangean, Logas Tanah Darat, Inuman dan Cerenti dilaksanakan di Koto Rajo dengan peserta sebanyak 83 orang. 

Sedangkan rayon III meliputi Kecamatan Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Benai, Singingi dan Singingi Hilir. Peserta yang ikut sebanyak 66 orang. 

“Total ada 177 orang yang ikut seleksi terbuka. Dari kegiatan ini, ada 62 orang yang lolos ke seleksi tahap selanjutnya,” ujar Kaswira. 

Dikatakan Kaswira, dalam mencari pemain, seleksi tidak hanya dilakukan melalui seleksi terbuka. Ke depan, akan ada seleksi melalui jalur turnamen antar kecamatan yang dilaksanakan AFK Kuansing. 

“Ini kita lakukan untuk menjaring bibit potensial. Mana tahu, pas seleksi terbuka kemaren tidak terpantau. Jadi, melalui turnamen antar kecamatan inilah kesempatan kita untuk mendapatkan pemain yang berkualitas,” ujar Kaswira. 

Seleksi pemain merupakan wujud kesiapan AFK Kuansing dalam menyongsong Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau tahun 2022 di Kuansing. Kaswira berkomitmen akan memberdayakan sumber daya yang dimiliki Kuansing. Sebab, ia percaya, orang Kuansing tidak kalah dengan daerah lain. 

“Kita tidak akan memakai pemain naturalisasi. Kita bina sumber daya yang ada. Karena, orang Kuansing itu punya bakat alami dalam mengolah si kulit bundar,” tutup Kaswira. (bpc10)