Darimana Sepakbola Berasal?

Jumat, 13 Desember 2019 10:22
Darimana Sepakbola Berasal?

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kebanyakan orang akan mengatakan bahwa sepakbola berasal dari Inggris. Sebagian besar lainnya akan mengatakan sepakbola berasal dari Afrika.

Kedua pendapat tersebut kemungkinan tidak keliru, karena ada banyak olahraga yang mirip dengan sepakbola pada zaman dahulu.

Advertisement

Namun, FIFA dalam websitenya menuliskan History of Footbal – The Origins. Dalam tulisan tersebut, disebutkan bahwa sepakbola dibuktikan secara ilmiah berasal dari Cina, tepatnya pada saat Dinasti Han berkuasa abad tiga dan dua sebelum masehi.

Dinasti Han memiliki permainan untuk militernya yang bernama Tsu ‘Chu. Ini adalah permainan dengan cara menendang bola kulit yang diisi dengan bulu dan rambut ke sebuah celah dengan lebar hanya 30-40 cm, yang didalamnya ada jaring kecil yang dipasang di tongkat bambu panjang.

Baca: City Terancam Sanksi UEFA, De Bruyne dan Sterling Diincar Madrid

Permaianan ini dilakukan dua tim, yang akan berlomba memasukkan bola kedalam jaring. Pemain boleh menggunakan kaki, dada, punggung, dan bahu saat mencoba menahan serangan lawan-lawannya. Penggunaan tangan tidak diizinkan.

Pada film kolosal Cina, Red Cliff, ada adegan dimana tentara Cina memainkan olahraga Tsu ‘Chu ini. (bpc2)