Terawan Digugat 5 Organisasi Kesehatan

Minggu, 27 Desember 2020 14:05
Terawan Digugat 5 Organisasi Kesehatan
Terawan. (net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Terawan Agus Putranto digugat oleh lima organisasi kesehatan. Dia dituding telah membohongi Presiden Joko Widodo [Jokowi] oleh lima organisasi kesehatan.

Terawan dituding telah mengusulkan sendiri nama-nama untuk menjadi Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) tanpa berkonsultasi kepada lima organisasi tersebut, sebagaimana dilansir dari CNBCIndonesia.com.

Advertisement

Lima organisasi kesehatan yang menggugat Terawan menyatakan bahwa konsultasi kepada mereka merupakan syarat yang tercantum dalam undang-undang. 

“Namun Terawan mengabaikannya dan memasukkan nama-nama itu sendiri,” begitu pernyataan pers kelima organisasi kesehatan tersebut.

Baca: Gempa 5,2 Magnitudo Guncang Nias Pagi Ini

Menurut mereka, Menkes seharusnya mengusulkan anggota Konsil Kedokteran Indonesia berdasarkan usulan dari organisasi dan asosiasi kedokteran Indonesia seperti yang tercantum dalam undang-undang.

Organisasi kesehatan menyebut Terawan mengirimkan surat pada Presiden RI dengan nama-nama yang ditentukan sendiri oleh Menteri Kesehatan. Usulan tersebut dibuat seolah-olah mewakili organisasi kedokteran.

KKI merupakan badan otonom dan non-struktural yang bertanggung jawab langsung pada presiden. Tugasnya adalah melakukan registrasi dokter, mengesahkan standar pendidikan dokter, serta melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan praktik kedokteran.

Lima organisasi profesi kesehatan yaitu Ikatan Dokter indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI), Majelis Kolegium Kedokteran Gigi Indonesia (MKKGI), dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), telah melayangkan gugatan kepada Terawan melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan Mahkamah Agung.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Wakil Sekretaris Jenderal IDI, Ferry Rahman. “Hari ini (Rabu 23/12/2020) sudah berproses di PTUN dan MA,” kata Ferry. (bpc2)

 

Berita Terkini

Jumat, 22 Januari 2021 13:01

Jangan Takut, Harta Allah Itu Tak Terbatas

#ISLAMPEDIA

Jumat, 22 Januari 2021 11:31

Pentumbuhan Penduduk Tertinggi di Riau Masih Terpusat di Pekanbaru

#SensusPenduduk #BPS #JumlahPenduduk #Riau

Jumat, 22 Januari 2021 11:28

Prospek Daya Beli Mobil Bekas di Riau 2021 Diprediksi Top Cer

#Bisnis #Otomotif #MobilBekas #Riau

Jumat, 22 Januari 2021 10:43

Viral, Penumpang Angkot Hanya Ingin Bayar Rp200 Perak

#RP200

Jumat, 22 Januari 2021 10:34

Trump Siapkan Pengacara Baru Hadapi Sidang Pemakzulan

#Trump #SidangPemakzulan #AS

Jumat, 22 Januari 2021 10:10

BPS Catat Jumlah Penduduk Riau Bertambah 855,72 Ribu Jiwa dalam 1 Dekade

#SensusPenduduk #BPS #HasilSensus

Jumat, 22 Januari 2021 09:54

Optimis Tol Pekanbaru-Bangkinang Rampung Sesuai Terget

#tol #pekanbarubangkinang #riau

Jumat, 22 Januari 2021 09:41

Klopp Tak Percaya: Liverpool Tak Mungkin Kalah dalam Pertandingan

#Liverpool #JurgenKlopp #Olahraga