Soal Pernyataan Presiden Macron, AHY: Tak Bisa Dibenarkan

Kamis, 29 Oktober 2020 15:28
Soal Pernyataan Presiden Macron, AHY: Tak Bisa Dibenarkan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) angkat bicara mengenai pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron soal kartun Nabi Muhammad SAW.

Melalui akun twitternya, @AgusYudhoyono, Kamis 29 Oktober 2020, AHY menegaskan bahwa sikap Macron tak bisa dibenarkan.

Advertisement

Menurut AHY, kebebasan dalam demokrasi harus didasari dengan toleransi dan penghormatan terhadap keberagaman, termasuk dalam konteks beragama.

“Masy Perancis dgn demokrasi yg mapan tentu paham, menjadikan Nabi Muhammad SAW sbg kartun bs melukai umat Islam dunia. Sayang, hal semacam itu seolah dibiarkan berulang2,” tulis AHY.

Baca: PP Muhammadiyah Tetap Tolak Walau Nadiem Sudah Minta Maaf

AHY juga mendorong pemerintah Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia mengambil peran dalam kasus ini. Dia mendorong pemerintah bisa mengambil langkah yang didengar oleh Prancis.

BACA JUGA:  Kartun Nabi Jadi Perhatian PBB, Sebut Kebebasan Berekpresi Harus Didasari Saling Menghormati

“Saya jg mengajak sdr2 umat Islam utk menahan diri & tdk terprovokasi. Mari kita buktikan, Islam sbg Rahmatan Lil Alamin, membawa rahmat & pesan damai bagi dunia,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada Rabu, 21 Oktober lalu, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengeluarkan pendapat bahwa dia tidak akan melarang penerbitan kartun Nabi Muhammad SAW, menyusul pembunuhan guru setelah menampilkan kartun Nabi Muhammad SAW.

Alasan Macron, penerbitan kartun adalah salah satu bentuk kebebasan berekspresi di Prancis.

Pernyataan Macron ini mendapatkan perhatian di dunia internasional, dan menimbulkan banyak protes di sejumlah negara. (bpc4)