Mentawai Diguncang Gempa Kuat 3 Hari Terakhir, BMKG: Patut Kita Waspadai

Rabu, 05 Mei 2021 11:10
Mentawai Diguncang Gempa Kuat 3 Hari Terakhir, BMKG: Patut Kita Waspadai

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono meminta masyarakat waspada dengan aktivitas gempa di Kepulauan Mentawai.

Menurut Daryono, pada 3 hari terakhir, ada dua gempa kuat mengguncang Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai. Pertama pada 3 Mei 2021 lalu dengan kekuatan 5,7 magnitudo. Lalu pagi ini dengan kekuatan 5,7 magnitudo.

Advertisement

“Gempa dengan kekuatan signifikan magnitudo 5,7 pagi ini tentu patut kita waspadai bersama karena di zona ini merupakan kawasan seismic gap Sumatra yang berpotensi terjadinya gempa besar,” kata Daryono melalui akun twitternya, @DaryonoBMKG, Rabu 5 Mei 2021.

Ditambahkan Daryono, Pulau Sipora di Kepulauan Mentawai juga terletak di segmen Megathrust Mentawai – Siberut, yang diperkirakan dapat menyebabkan gempa berkekuatan hingga 8,9 magnitudo.

BACA JUGA:  CUACA RIAU: Hujan Sekali Lewat, Pekanbaru Tetap Terik Hari Ini

Baca: Soal OPM, Politisi Demokrat: Saya Sudah Ingatkan Jangan Memilih Jalan Senjata

“Pulau Sipora yang menjadi pusat 2 gempa signifikan dalam 3 hari terakhir, terletak pada Segmen Megathrust Mentawai –Siberut yang memiliki magnitudo tertarget mencapai 8,9,” tambahnya. (bpc4)