Jokowi Tetap Tolak Rencana Lockdown Anies

Sabtu, 04 April 2020 14:16
Presiden Jokowi – (Foto: Net)

BERTUAHPOS.COM – Presiden Joko Widodo menolak rencana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk melakukan karantina wilayah. Presiden hanya akan memberi izin terhadap Pembatasan Sosial Skala Besar atau PSBB.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menuturkan karantina wilayah sama sekali tidak menjadi opsi yang diputuskan oleh pemerintah pusat. Sementara kebijakan karantina wilayah sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat. “Tidak diterima. Itu otomatis,” kata Fadjroel, seperti dikutip dari cnbcindonesia.com.

Fadjroel menjelaskan, belajar dari kondisi yang terjadi di Italia dan India, keputusan lockdown yang diterapkan di kedua negara ini justru memicu terjadinya kekacauan sosial.

Namun demikian, opsi ini bisa disebut bisa dilaksanakan di tingkat RT/RW atau desa. Sedangkan untuk melakukan karantina wilayah, keputusan penerapannya harus disampaikan langsung oleh Presiden. “Kalau tingkat nasional atau provinsi itu harus di tangan presiden. Tapi presiden tidak mengambil karantina wilayah,” tegasnya.

Baca: Hampir 100 Tenaga Medis di DKI Jakarta Positif Corona

Sebagai informasi, Anies Baswedan mengaku telah mengirimkan surat kepada pemerintah pusat yang berisi permintaan untuk memberlakukan karantina wilayah di sejumlah wilayah Ibu Kota. Surat tersebut tertulis tanggal 28 Maret dan diterima pemerintah pusat 29 Maret 2020 lalu. Adapun keberadaan surat tersebut diakui oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. (bpc3)