Jokowi Akui Masih Banyak Warga yang Belum Dapat BLT Desa

Minggu, 17 Mei 2020 11:49
Jokowi Akui Masih Banyak Warga yang Belum Dapat BLT Desa

BERTUAHPOS.COM – Presiden Joko Widodo mengakui bahwa masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Saat ini, realisasinya baru 15%. “85% lagi BLT Desa belum tersalurkan,” kata Jokowi, Minggu, 17 Mei 2020.

Kondisi yang sama juga terlihat pada Bantuan Sosial Tunai atau BST, yang kini baru terealisasi sekitar 25%. Jokowi lalu mengintruksikan kepada Menko PMK, Mensos dan Menteri Desa Tertinggal agar segera mempercepat proses penyaluran bantuan kepada masyarakat.

“Penyaluran bantuan ini harus dipangkas prosedur distribusi yang berbelit-belit, sehingga dapat diterima oleh yang membutuhkan,” katanya, seperti dikutip dari Republika.

Jokowi berharap masyarakat berperan aktif terhadap hal ini dengan selalu menanyakan langsung kepada RT dan RW setempat agar penyaluran bantuan itu bisa segera direalisasikan.

Baca: Lebih 10 ABK Kapal Balik ke Tanah Air di Tengah Corona

Dia menambahkan, pemerintah telah menyiapkan sebesar Rp600 ribu per KK penerima manfaat BST dab BLT Desa selama 3 bulan beturut-turut. Bantuan ini diklaim untuk membangu masyarakat terdampak COVID-19.

Selain itu pemerintah juga memberikan bantuan kartu sembako untuk 20 juta penerima manfaat dan program PHK kepada 10 juta keluarga. (bpc3)