Harga Sembako di Pekanbaru “Terjun Bebas”

Selasa, 13 Juni 2017 16:25

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Kurang dari dua pekan lagi, umat muslim se dunia bakal merayakan Idul Fitri. Momen ini otomatis berdampak pada tingginya permintaan kebutuhan pokok jelang lebaran. 

Namun berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru bukannya melonjak, malah harga kebutuhan pokok turun. “Memasuki minggu ketiga ramadan harga-harga kebutuhan pokok terjun bebas,” sebut Kabid Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman.

Irba memaparkan, untuk minyak goreng kemasan merek Mitra dari Rp 26 ribu turun jadi Rp 25.700 per dua liter. Lalu daging ayam ras jadi Rp 20 ribu per kg turun tiga ribu dari harga sebelumnya. 

Kemudian kacang kedelai dari Rp 10 ribu jadi Rp 9.500 per kg. Kemudian tomat dari Rp 10 ribu jadi Rp 8000 per kilogram. Paling mencolok cabai merah asal Medan dari Rp 18 jadi Rp 17 ribu per kg. Sedangkan cabai merah Bukittinggi Rp 20 ribu/kg. 

Baca: Oxa House Tawarkan Diskon Sampai 30 Persen

Kemudian cabai rawit dari Rp 24 ribu jadi Rp 22 ribu, wortel dari Rp 14 ribu turun jadi Rp 12 ribu per kg. “Hanya bawang merah yang naik Rp 22 ribu jadi Rp 24 ribu per kg,” katanya. Sedangkan daging sapi segar masih tetap Rp 120 ribu per kg.

Baca: Tekan Harga Sembako Jelang Idul Fitri, Bulog Gelar Pasar Murah

Irba sampaikan harga-harga kebutuhan pokok turun diakibatkan suplai yang stabil menjelang lebaran. Berbeda dengan kondisi di awal ramadan dimana stok terbatas namun permintaan meningkat, sehingga terjadi gejolak harga.

“Selain itu juga pengawasan yang GIAT dilakukan baik dari Polresta Pekanbaru dan internal Disperindag. Sehingga membuat ada keragu-raguan para spekulan yang selama ini bermain untuk melakukan aksi penimbunan,” sebutnya.

Irba sampaikan agar tidak ada spekulan yang mencoba ambil keuntungan. “Kalau harga melonjak jangan salahkan kami akan intervensi harga,” tuturnya. (bpc2)