Begini Cara Mulai Usaha Kuliner Rumahan di Pekanbaru dengan Modal di Bawah Rp200 Ribu

Senin, 09 Desember 2019 13:18
Begini Cara Mulai Usaha Kuliner Rumahan di Pekanbaru dengan Modal di Bawah Rp200 Ribu

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Bisnis kuliner rumahan dianggap masih punya pelung besar untuk dilakukan. Apalagi jika diseriusi, hasilnya cukup menggiurkan.

Tidak perlu dengan modal besar. Bisnis kuliner rumahan bisa kamu mulai dengan modal Rp200 ribu saja. Tapi kamu sebaiknya tahu dulu usaha kuliner apa yang akan di jalankan.

Ada banyak janis usaha kuliner yang bisa dilakukan di rumah. Seperti minuman, makanan, atau bahan makanan sehari hari, misalnya bumbu-bumbuan dan sayuran.

Salah satu keunggulan usaha kuliner rumahan, selain menghemat tempat, waktu, budget dan tenaga, kamu bisa berkreasi dengan rasa yang unik yang belum pernah ada dijual di banyak tempat.

Baca: Mulai Turun, Berikut Harga Daging Ayam di Pekanbaru Awal Bulan Ini

Estimasi modal dan keuntungan

Kita ambil contoh anda ingin menjual beberapa varian kopi dalam cup. Kamu bisa bikin rasanya menjadi unik dengan menggunakan gula aren.

Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya membutuhkan modal bahkan di bawah Rp200 rupiah. Untuk beli galon, bubuk kopi, gula aren dan cup, dengan jumlah 10-20 cup, anggaplah modal yang dikeluarkan hanya Rp100 ribu.

Per cup kamu bisa jual di harga Rp10.000-Rp15.000 per cupnya. Jika terjual 20 cup sehari maka kamu sudah bisa mengantongi keuntungan 100%.

Lakukan pelayanan delevery order

Munuman kopi dengan harga segitu, masih sangat wajar. Apalagi kamu langsung yang melakukan pelayanan antar. Bisa dikenakan ongkos kirim dan itu masih relevan. Biaya ongkos kirim bisa dipakai untuk operasional sehingga tidak mengganggu keuntungan yang kamu dapat.

Manfaatkan aplikasi layanan makanan 

Dukungan teknologi akan sangat membantu untuk memasarkan produk rumahan kamu. Kamu bisa daftarkan produk makanan atau minuman ke Gofood atau Grab. Hal ini bertujuan agar pangsa pasar menjadi lebih luas.

Manfaatkan Sosmed dan tayangkan tertimony

Selain memanfaatkan Grab dan Gofood, sebaiknya kamu juga aktif di sosial media untuk menjual produk rumahan kamu. Setidaknya, kamu bisa memanfaatkan jaringan teman-teman di sosial media agar produk kamu lebih dikenal.

Setelah itu, mintalah testimony mereka, lalu tayangkan di sosial media kamu. Hal ini perlu dilakukan untuk menunjukkan eksistensi. Sehingga orang lebih penasaran dan membuat mereka ingin mengetahui lebih jauh tentang produksi kamu. Good luck…

(bpc3)