Pekan Ini Riau Dapat Kiriman Pinjaman Heli dan Pesawat untuk TMC

Senin, 08 Maret 2021 14:53
Pekan Ini Riau Dapat Kiriman Pinjaman Heli dan Pesawat untuk TMC

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Badan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Provinsi Riau Jim Gafur mengungkapkan, Pemprov Riau kembali mendapat bantuan satu unit helikopter dalam upaya penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Karhutla [Karhutla].

Bantuan satu unit helikopter itu datang dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana [BNBP]. “Selain heli untuk pemadaman, Riau juga dipinjamkan pesawat untuk operasional hujan buatan atau teknik modifikasi cuaca atau TMC,” ungkapnya, Senin, 8 Maret 2021.

Dia mengungkapnya, bantuan serupa berupa satu unit helikopter sebelumnya sudah sudah datang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan [KLHK]. Dengan demikian, di Riau sudah ada dua unit helikopter dan satu pesawat untuk TMC yang dapat difungsikan dalam upaya penanganan Karhutla.

BACA JUGA:  Mantan Sekda Kepulauan Meranti Gugup Saat Menjadi Saksi

Dijelaskan, helikopter bantuan dari BNPB baru bisa dioperasionalkan dalam waktu dekat, sebab bantuan tersebut baru akan dikirimkan ke Riau dalam pekan ini. “Heli dan pesawat untuk TMC ini dijadwalkan akan tiba di Riau dalam pekan ini,” jelasnya.

Baca: Jalin Kerjasama yang Baik, Pesonna hotel Pekanbaru Bersinergi dengan PT Taspen Persero

Jim Gafur mengungkapkan, curah hujan yang terjadi dalam kurun waktu dua hari belakangan, dianggap cukup efektif dalam upaya melakukan upaya pemadaman api di lahan terbakar di beberapa daerah di Riau, yang sebelumnya lebih dulu telah dilakukan oleh Satgas darat dan udara.

Adapun beberapa lokasi yang sebelumnya terpantau Karhutla tersebut, yakni; di Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, dan Indragiri Hilir. (bpc2)