Lindungi Pesisir Riau, Hutan Bakau Perlu Perhatian

Senin, 21 September 2020 11:06
Lindungi Pesisir Riau, Hutan Bakau Perlu Perhatian

BERTUAHPOS.COM, SIAK – Hutan bakau atau mangrove memiliki arti penting melindungi dan menjaga ekosistem pesisir pantai.

Menurut Junaidi, salah satu aktivis lingkungan di Kampung Sungai Rawa, Siak, hutan bakau menjadi tempat berlindung berbagai hewan laut, seperti kepiting, ikan, udang, ataupun siput.

Advertisement

“Kalau tempat berlindungnya dalam keadaan baik, maka tentu nelayan bisa menemukan berbagai hewan tangkapan ini dengan mudah,” jelas Junaidi kepada bertuahpos.com.

Namun, yang tak kalah pentingnya, hutan bakau adalah pelindung garis pantai dari abrasi. Hutan bakau mampu melindungi bibir pantai dari kikisan ombak laut, sehingga kebun ataupun perumahan masyarakat di tepi pantai tetap aman.

Baca: Libur Sekolah, Orang Tua Harus Perhatikan Lingkungan dan Tempat Bermain Anak

“Itulah mengapa tidak boleh sembarangan menebang hutan bakau. Peranannya penting dalam menjaga garis pantai,” tambah Junaidi.

Jika hutan bakau dibabat, lanjut dia, masyarakat akan kehilangan setidaknya dua hal. Pertama, tak ada lagi hewan laut yang menjadi tangkapan nelayan, karena tempat berlindung mereka sudah hilang.

“Kedua, tidak ada lagi pelindung garis pantai. Rumah ataupun kebun masyarakat bisa habis tersapu ombak laut. Maka, kami meminta semua pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat, agar melindungi dan menjaga hutan bakau di Riau ini,” tutup dia. (bpc4)