Fokus Pemadaman Karhutla Diarahkan ke Rohil dan Bengkalis

Selasa, 02 Maret 2021 11:21
Fokus Pemadaman Karhutla Diarahkan ke Rohil dan Bengkalis
Karhutla. (Mogabay)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Satgas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan [Karhutla] akan fokus melakukan proses pemadaman api di lahan terbakar di Kabupaten Rokan Hilir atau Rohil dan Bengkalis, Riau.

Helikopter pinjaman dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan [KLHK] akan diarahkan ke daerah itu untuk membantu upaya pemadaman Karhutla. Helikopter ini tiba di Pekanbaru pada Senin, 1 Maret 2021.

“Hari ini [helikopter] mulai bertolak ke Kabupaten Bengkalis dan Rohil untuk memadamkan Karhutla.¬†Memang fokus pemadaman di daerah itu,” kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur.

Dia menambahkan, Rohil dan Bengkalis sejauh ini perlu mendapat perhatian serius dalam upaya penanganan Karhutla mengingat intensitas titik api di lahan cukup tinggi.

BACA JUGA:  Diikuti Puluhan Kepala Sekolah, BBR Gelar Penyuluhan Bahasa Indonesia di Bengkalis

Baca: Ini Tren Vonis Kasus Korupsi 1 Tahun Terakhir

Helikopter dengan kapasitas angkut air sebanyak satu ton itu, dapat membuat api padam dan giat pendinginan segera bisa dilaksanakan.

Menurut Jim Gafur, helikopter terlebih dahulu akan bersandar di Dumai untuk proses pengisian bahan bakar setelah melakukan pemadaman Karhutla di Bengkalis. Kemudian, baru melanjutkan kegiatan memadamkan api di Rohil.

Dikerahkannya helikopter ke daerah itu, mengingat terdapat beberapa wilayah yang kini lahannya terbakar sangat sulit untuk dijangkau dengan jalur darat.

Atas pertimbangan itu, kata Jim Gafur, akan dilakukan upaya pemadaman lewat udara dengan helikopter. “Kami berharap keberadaan heli ini akan memudahkan kerja tim gabungan di lapangan,” jelasnya. (bpc2)