Wah… Ternyata Bunga Mawar Bermanfaat untuk Kesehatan, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Minggu, 20 September 2020 13:31
Wah… Ternyata Bunga Mawar Bermanfaat untuk Kesehatan, Simak Penjelasannya Berikut Ini

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Bunga mawar adalah salah satu jenis bunga yang sudah tidak asing di Indonesia. Mawar dapat ditemukan di taman, di pekarangan rumah, hingga dijadikan dekorasi berbagai macam acara, termasuk pernikahan.

Bicara soal bunga mawar tentu yang terlintas di benak kebanyakan orang adalah keindahan wujud dan aromanya. Bunga mawar memiliki berbagai macam jenis dan warna yang seluruhnya mewakili pesan yang berbeda-beda. Warna yang paling populer tentu merah, lambang dari kecantikan dan cinta kasih.

Advertisement

Kelopak mawar mengandung 95 persen air. Selain kalorinya sangat rendah, bunga mawar mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin C, antosianin, dan zink.
Bunga mawar bukan hanya tumbuh untuk dinikmati keindahannya, namun juga dapat diolah menjadi berbagai produk yang memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. Manfaat

bunga mawar pun cukup beragam, mulai dari produk kecantikan hingga dikonsumsi sebagai minuman atau makanan. Berikut manfaat bunga mawar dikutip dari sehatq.com

Baca: Tas KW MK dan Cartier Tetap Primadonanya Fashionista Pekanbaru

1. Menyehatkan saluran pencernaan

Kelopak bunga mawar mampu melancarkan aliran empedu sehingga Anda tidak lagi mengalami keluhan awal, seperti perut kembung.Konsumsi mawar dan olahannya seperti air mawar juga berfungsi mirip zat laksatif. Artinya, mawar dapat meningkatkan produksi air pada saluran pembuangan sehingga Anda tidak akan menderita konstipasi.

2. Menyehatkan saluran pernapasan

Bunga mawar juga dapat menghasilkan efek antiperadangan sehingga mampu meredakan radang tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaat bunga mawar yang satu ini, Anda dapat mengonsumsi air mawar atau teh mawar hangat.

3. Menyehatkan mata

Bunga mawar yang sudah diolah menjadi air mawar juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat tetes mata alami.Bukan main-main, tetes mata dari air mawar ini dapat membantu proses penyembuhan beberapa penyakit mata, seperti konjungtivitis (mata merah) dan mata kering, serta membantu penyembuhan pascaoperasi penyakit mata dan degeneratif, seperti katarak dan pterygium atau pinguecula.

4. Menyembuhkan luka

Zat antiseptik dan antibakterial juga terdapat dalam kelopak mawar dan berbagai olahannya. Menurut ahli, manfaat bunga mawar yang berhubungan dengan kandungan ini, yaitu mempercepat penyembuhan luka, misalnya luka bakar, luka gores, maupun bekas luka.
Di dalam tubuh, kandungan antiseptik dalam bunga mawar juga dapat merangsang produksi histamin oleh sistem imun. Histamin terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Meredakan sakit kepala

Manfaat bunga mawar yang satu ini bisa Anda rasakan dengan menggunakan olahannya yang berbentuk minyak esensial. Aroma pada minyak esensial ini dipercaya dapat meredakan sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah alias migrain.

Menghirup aroma minyak esensial mawar juga dapat dipercaya dapat memperbaiki mood dan menghindarkan Anda dari rasa cemas maupun depresi.

6. Mencegah demensia dan Alzheimer

Bunga mawar dapat menghambat kerja protein yang disebut amyloid. Kehadiran protein ini dapat mengganggu kerja otak, membunuh sel-sel otak, dan mengurangi kemampuan Anda untuk mengingat, yang akhirnya berakhir menjadi penderita demensia atau alzheimer.

Nah, itulah manfaat bunga mawar untuk kesehatan. Selamat mencoba! (Mg2)

Berita Terkini

Jumat, 30 Oktober 2020 18:29

Tol Pekanbaru-Dumai Masih Dibuka Gratis Hingga 10 November

#tolpekanbarudumai #tariftol

Jumat, 30 Oktober 2020 17:32

70 Warga Pekanbaru Terkonfirmasi Positif Covid-19 Hari Ini

#corona #covid-19 #pekanbaru

Jumat, 30 Oktober 2020 17:16

Al-Azhar, Universitas Tertua di Dunia

#EDUKASI

Jumat, 30 Oktober 2020 15:28

Mahathir Mohammad Sebut Emmanuel Macron Primitif

#mahathirmohamad #prancis

Jumat, 30 Oktober 2020 14:35

Wasiat Rasulullah: Jangan Marah

#ISLAMPEDIA