Trik Atasi Stres Saat Cari Kerja

Jumat, 14 Maret 2014 07:28

BERTUAHPOS.COM, NEW YORK – Menganggur tanpa pekerjaan dan jarang dipanggil untuk wawancara kerja seringkali mengundang stres yang cukup meradang. Hati-hati! rasa takut, panik dan stres justru dapat semakin menyulitkan Anda memperoleh pekerjaan.

Seperti dikutip dari Careerealism,  rasa cemas berlebih seringkali dialami para pelamar kerja yang tak kunjung memperoleh pekerjaan idamannya. Seringkali rasa takut tidak diterima kerja juga membuat rasa percaya diri Anda berkurang untuk mencoba kembali.

Tenang saja, terdapat sejumlah cara yang bisa membuat Anda lari dari tekanan-tekanan saat mencari kerja.

Berikut enam trik atasi stres saat sedang memburu pekerjaan impian:

Baca: Menggetarkan Panggung, TZ Voice Pecahkan Suasana

1. Memiliki rencana pencarian kerja

Susunlah rencana pencarian kerja jangka panjang. Bukan berarti Anda ragu dapat memperoleh pekerjaan dalam waktu dekat, tapi rencana pencarian kerja yang matang memudahkan proses tersebut.

Mulailah dengan menuliskan target pekerjaan yang diharapkan. Setelah itu, perluas jaringan pertemanan yang memungkinkan banyak rekomendasi untuk Anda.

2. Konsisten

Hadapi segala kendala dan pantang menyerah dapat menjadi cara ampuh mengusir stres saat sedang mencari kerja. Meskipun berbagai lamaran kerja yang Anda kirimkan jarang mendapat balasan tapi jangan pernah berhenti berusaha.

Konsisten mengupayakan berbagai peluang kerja yang tersedia bisa mengurangi rasa stres yang melanda Anda.

3. Berpikir realistis

Berpikir realistis bahwa setiap orang pasti memiliki peluang untuk bekerja. Terlebih lagi saat ini tingkat pengangguran dunia terus menurun. Fokus melamar kerja dan yakin pada kemampuan diri sendiri sangat penting dimiliki para pelamar.

4. Berpikir positif

Dibandingkan meratapi kesulitan diri saat melamar bekerja, lebih baik Anda berpikir positif dan melihat kelebihan yang dimiliki. Pikirkan bahwa saat menganggur, Anda ternyata memiliki lebih banyak waktu luang untuk melakukan berbagai hal menyenangkan.

5. Perhatikan kesehatan fisik

Bagi Anda yang tengah berupaya mencari kerja, jangan lupa juga untuk memperhatikan kesehatan fisik pribadi. Cukup tidur, mengkonsumsi makanan sehat dan merawat tubuh dengan baik merupakan hal yang penting saat sedang memburu pekerjaan.

Ingat, jika Anda lalai menjaga kesehatan, stres dalam diri justru akan bertambah dan menyulitkan diri sendiri.

6. Cari dukungan teman dan keluarga

Saat memburu pekerjaan impian, keluarga dan kerabat juga memiliki peranan yang sangat penting. Berkomunikasi dengan orang-orang yang menyayangi Anda akan membuat Anda lebih percaya diri dan tidak terlalu stres saat sedang mencari kerja.(liputan6.com)