Tips Mengelola Uang Salam Tempel Lebaran Pada Anak

Rabu, 23 Juli 2014 11:56
Tips Mengelola  Uang Salam Tempel Lebaran Pada Anak

BERTUAHPOS.COM – Lebaran tinggal menunggu hitungan hari lagi.Lebaran identik dengan memberikan uang salam tempel pada sanak saudara .

Jika anak Anak Anda sudah masuk usia Sekolah Dasar dan sudah mengerti konsep bahwa uang adalah salah satu benda pembayaran, maka sudah waktunya anda mengajarkan mereka mengelola salam tempel dengan tepat. Dengan memahami makna uang, anak akan belajar bahwa tidak semua keinginan mereka bisa dibeli dan bagaimana mereka belajar melakukan management keuangan pribadi sejak kecil.

Advertisement

Agar salam tempel lebih terasa maknanya, Anda bisa mencoba beberapa langkah seperti dilansir Vemale sebagai berikut:

  • Biarkan Anak Menyimpan Uangnya

Ada beberapa orang tua yang mengambil alih uang salam tempel yang diterima anaknya, dengan alasan akan dipakai  untuk membeli buku dan sebagainya. Cara ini tidak perlu Anda lakukan, karena Anda harus membiarkan anak mengendalikan keuangannya sejak kecil. Percayakan semua uang salam tempel agar dikelola anak dengan pengawasan dari Anda. Semakin dini anak mengerti bagaimana mengatur uang, semakin dia memahami bahwa uang tidak datang begitu saja dan harus dikelola penggunaannya.

Baca: Akui Persita Tim Kuat, Pelatih PSPS Riau Tetap Targetkan 3 Poin

  • Buat Daftar Akan Digunakan Untuk Apa Uang Itu

Mintalah anak untuk membuat daftar barang-barang apa yang ingin dia beli dari uang tersebut. Atau akan dipakai untuk apa uang itu, dipakai untuk jalan-jalan atau ditabung saja. Buatlah anak memahami bahwa tidak semua daftar keinginannya bisa terkabul semua dari uang yang didapat. Tapi dengan membuat daftar, anak akan lebih bisa mengalokasikan apa-apa saja yang ingin dian beli, sehingga tidak memakai uangnya sembarangan.

  • Bantu Anak Mengalokasikan Uang Yang Didapat

Bantu anak untuk memilah-milah barang mana yang memang dia perlukan dan bisa dibeli dengan uang salam tempelnya. Sarankan juga untuk menabung sebagian uang salam tempel tersebut. Atau jika anak Anda sudah memiliki jiwa wirausaha sejak kecil dan memiliki ide akan memakai uangnya untuk membeli barang untuk dijual kembali, Anda dapat mendukungnya dan memberi arahan agar idenya berjalan lebih baik.

  • Ingatkan Anak Untuk Berbagi dan Beramal

Sebanyak dan sekecil apapun uang salam tempel yang diterima anak, kewajiban Anda adalah membiasakannya menyisihkan sedikit uang itu untuk beramal. Anda bisa mengajak anak Anda mengisi kotak amal di masjid atau membeli beberapa sembako untuk diberikan pada tetangga yang membutuhkan. Maka anak akan terbiasa untuk berbagi sejak kecil.(*)

Â

Â

Berita Terkini

Sabtu, 28 November 2020 21:06

Asa Keadilan di RUU Provinsi Riau

#opini #ruu #riau

Sabtu, 28 November 2020 16:02

Babinsa Dampingi Petugas Kesehatan Kesehatan Rapid Test jelang Kesiapan Pilkada

#protokolkesehatan #covid #pilkada

Sabtu, 28 November 2020 15:31

Ini Pesan Anies Saat Ucapkan Selamat Ulang Tahun Persija

#persija #bola #anies #ulangtahunpersija

Sabtu, 28 November 2020 14:48

Personil Koramil 05/Tanjung Balik, Tegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Pasar Paninjauan

#protokolkesehatan #covid-19 #corona

Sabtu, 28 November 2020 14:32

Riau Kembali Usulkan 40 Ribu UMKM untuk Bantuan Covid-19

#bantuanumkm #umkmriau #batuancovid19

Sabtu, 28 November 2020 13:32

Lirik dan Kunci Lagu Lancang Kuning

#lirik #lagu #lancangkuning #riau