Tips mengatur keuangan dalam berwiraswasta

Kamis, 13 Maret 2014 07:59

BERTUAHPOS.COM- Sukses bukan berarti harus menduduki posisi yang tinggi di sebuah perusahaan bergengsi. Sukses juga bisa berarti keberhasilan menjalankan usaha pribadi dengan penghasilan lebih dari cukup. Namun penghasilan yang cukup tersebut bisa jadi ‘tidak cukup’ jika Anda salah mengelolanya. Berikut ini ada beberapa tipsnya dilansir dari All Women Stalk.

1. Turunkan perkiraan pengeluaran
Anda perlu menurunkan perkiraan jumlah uang yang Anda akan gunakan selama satu bulan. Pastikan Anda hanya merencanakan pembelian barang-barang yang penting saja. Catat beberapa barang yang ingin Anda beli namun tidak terlalu Anda butuhkan pada tabel yang berbeda. Jika Anda cermat dan beruntung, mungkin akan ada sisa uang di akhir bulan untuk membeli barang yang Anda inginkan tadi.

2. Simpan sejumlah uang untuk keperluan mendadak
Biasanya, para wiraswastawan sangat bergantung pada konsumen dalam ketepatan waktu menerima ‘gaji’ setiap bulannya. Jika banyak konsumen yang tepat waktu membayar tagihan mereka, maka kondisi keuangan Anda akan aman. Namun jika konsumen Anda banyak yang sering telat, Anda harus mengantisipasinya dengan menyisihkan sejumlah uang dari bulan kemarin untuk berjaga-jaga.

3. Pikirkan dua kali sebelum memberi barang berharga tinggi
Sebagai seorang wiraswastawan, Anda harus mempertimbangkan berulang-ulang sebelum akhirnya membeli barang mahal seperti laptop, PC, printer, ataupun ponsel baru. Pikirkan lagi apakah benda-benda tersebut nantinya akan membantu usaha Anda. Jika tidak, sebaiknya tunda dulu pembeliannya dan tabung uang tambahan untuk mendapatkannya.

Baca: Beasiswa S-3 Kriminologi di Cardiff University

4. Jangan pernah lupa mencatat pengeluaran dan pemasukan
Hal ini memang terlihat remeh bagi sebagian besar pengusaha yang sudah sukses. Namun nyatanya, menyimpan bon atau kuitansi pengeluaran dan pemasukan bisa digunakan untuk melacak naik turunnya pengeluaran dan pemasukan Anda tiap bulannya. Dengan begini, Anda bisa mengetahui strategi yang bagaimana yang bisa digunakan untuk mempertahankan kurva tingginya pemasukan.

5. Coba untuk barter
Sebetulnya Anda tidak harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan. Terapkan juga sistem barter dalam memenuhi kebutuhan Anda. Misalnya, coba cari barang yang Anda butuhkan di situs-situs e-commerce dan hubungi penjual barang yang Anda inginkan. Buat kesepakatan untuk barter dengan barang lain yang Anda punyai yang nilai rupiahnya sebanding dengan barang yang Anda inginkan.

6. Minta saran profesional
Mengikuti seminar-seminar wirausahawan memang sangat penting bagi Anda yang sedang menapaki karir wiraswasta. Bukan hanya ilmu yang Anda dapatkan dari acara-acara ini, tetapi juga koneksi orang-orang yang sudah berpengalaman. Anda bisa keep in touch dengan orang-orang ini guna mendapatkan saran tentang usaha Anda.

Manajemen yang rapi dan berkala adalah kunci sukses seorang wirausahawan. Jadi, jangan sampai melewatkan satu bon atau kuitansi untuk dicatat, ya.(merdeka.com)