Tips Mencari Beasiswa ke Jepang

Senin, 25 Agustus 2014 07:35

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Ajeng, sarjana S1 dari satu perguruan tinggi di Yogyakarta, mau melanjutkan studi master ke Jepang. Dia sudah berupaya mencari beasiswa lewat online, tapi belum dapat.

“Saya sudah coba apply ke beberapa perguruan tinggi di Jepang, tapi belum ada jawaban. Bagaimana ya caranya, agar lamaran kita untuk mendapatkan beasiswa di kampus asing itu bisa diterima,” tanya Ajeng dalam seminar yang diadakan pada pameran pendidikan Japan Education Fair in Indonesia (JEFI) 2014 di Jakarta

Dia menuturkan sengaja datang dari Yogya untuk melihat pameran dan ikut seminar tentang melanjutkan pendidikan di Jepang, yang diadakan oleh Pandan College Indonesia, lembaga kursus Bahasa Jepang.

Richad Y. Susilo, Ketua Penyelenggara JEFI 2014, yang sudah lama menetap di Jepang, mengatakan untuk bisa mendapatkan beasiswa master di Negeri Sakura itu, perlu memperhatikan beberapa hal. 

Baca: Tips Memilih Pekerjaan yang Tepat Bagi Sarjana Baru

“Calon siswa atau mahasiswa sebaiknya menguasai berbahasa Jepang, sehingga mudah berkomunikasi dan mengikuti perkuliahan di sana,” ujar Richard yang juga Komisaris Pandan College Indonesia.

Untuk kuliah master, lanjut Richard, sebaiknya mahasiswa memakai jalur antar perguruan tinggi dan antar profesor.

“Jadi, Anda mencari profesor di kampus yang dituju, yang sesuai dengan kuliah yang akan diambil. Dia ini nanti yang akan menjamin Anda kuliah di perguruan tinggi tersebut,” katanya.

Selain itu, sambung Richard, minta profesor yang ada di kampus asal untuk menghubungi profesor di Jepang.

“Ini gunanya agar Anda bisa diterima. Apalagi jika para guru besar di kedua kampus ini sudah saling kenal, itu akan memperlancar proses perkuliahan,” katanya.

Kalau mencari atau meng-apply sendiri, memang agak sulit. “Mencari beasiswa ke Jepang sulit-sulit gampang,” tambah Richard.

Bagai calon mahasiswa S1 yang ingin mencari beasiswa ke Jepang, kata Richard, perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Sebelum kuliah, persiapkan diri dengan belajar Bahasa Jepang. Kalau bisa minimal sudah di level 2.

2. Memiliki kelebihan atau kecapakan dalam satu bidang, apakah itu jago matematika, atau bidang lainnya. Ini akan mempermudah mendapatkan beasiswa.

3. Harus juara kelas di SMA asal, apakah itou juara 1-3.

4. Mengisi dan memenuhi semua persyaratan yang ada pada formulir beasiswa. Bisa dicari lewat online, atau datang ke Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. (Kabar24.com)