Tips bagi yang gemar gonta – ganti gadget agar kantong tak jebol

Jumat, 14 Maret 2014 14:55

BERTUAHPOS.COM , JAKARTA -Sudah umum ditemui bahwa kaum pria lebih tertarik dengan segala macam perangkat elektronik dibadingkan wanita. Contoh paling gampang bisa ditemui di pusat-pusat perbelanjaan yang memajang beraneka ragam gadget terbaru, selalu lebih banyak dipenuhi oleh kaum pria dibandingkan wanita.

Hal ini sejalan dengan beberapa penelitian yang pernah dilakukan terhadap fenomena ini. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh BankSwitcher, mayoritas kaum pria memilih aneka alat elektronik sebagai teman utama dalam mengisi waktu luang. Tidak heran jika kaum pria dikenal sebagai early adopter atas semua teknologi baru. Dari sisi umur, menurut analisa dari Flurry Analytics, kebanyakan pengguna smartphone dan tablet PC adalah golongan berusia muda antara 25-35 tahun.

Apa kesimpulan yang bisa ditarik dari penelitian di atas? Ternyata kebanyakan peralatan elektronik dan gadget lebih banyak dikonsumsi oleh kalangan pria berusia muda yang melek dengan kemajuan teknologi. Di satu sisi, usia tersebut adalah rentang usia dimana seseorang baru memulai karir dan sedang menemukan keseimbangan dalam keuangan pribadinya.

Dari sisi perencanaan keuangan, tidak ada yang salah dengan hal ini. Akan tetapi, untuk mengantisipasi hal-hal yang berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap kondisi keuangan pribadi, ada hal-hal yang harus diperhatikan.

Baca: Memiliki Kulit Cantik dan Sehat Selama Bulan Ramadan? Bisa Banget!

Berikut pemaparan Perencana Keuangan dari Zap Finance Prita Hapsari Ghozie dalam situs resminya yang dikutip detikFinance:

  • Beli sesuai kebutuhan. Jangan pernah memperlakukan smartphone, gadget dan elektronik lainnya sebagai barang koleksi dengan mangumpulkan banyak produk sejenis dari beberapa produsen. Harga barang-barang ini akan dengan cepat menurun terutama karena banyaknya versi baru yang rutin diperkenalkan ke pasar.
  • Gunakan dana non rutin. Sebaiknya pergunakan dana non rutin dari bonus dan THR untuk pembelian gadget dan peralatan elektronik lainnya agar tidak mengganggu anggaran keluarga dan investasi rutin.
  • Bijaksana dalam menggunakan kartu kredit. Jika memilih membeli gadget dengan kartu kredit, pastikan anda memiliki dana untuk melunasinya dengan segera. Jangan gampang terpancing dengan cicilan 0% yang sering ditawarkan. Pastikan cicilan tersebut tidak memberatkan anggaran rutin anda.
  • Dana darurat. Jangan tergoda untuk memanfaatkan dana darurat sebagai sumber dana untuk pembelian hal-hal konsumtif


Demikian beberapa tips singkat untuk menyikapi kesenangan kaum pria akan barang-barang elektronik dengan tidak membahayakan keuangan pribadi. Semoga bermanfaat.(detik/smr)