Tips Aman Mencari Pekerja Rumah Tangga

Rabu, 05 Maret 2014 17:13
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pekerja rumah tangga merupakan sebuah profesi yang tidak bisa dianggap sepele. Bayangkan saja, betapa si pemilik rumah bisa kelabakan dan kewalahan ketika harus membereskan semua pekerjaan di rumah.
 
Bagi orang yang sibuk dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di luar rumah, tentu peran pekerja rumah tangga sangat berjasa. Namun untuk mencari pekerja rumah tangga, kita tidak bisa sembarangan. 
 
“Sudah 25 tahun saya menjadi guru, kesibukan ini membuat saya dan keluarga membutuhkan pembantu. Walaupun mungkin di Pekanbaru ada jasa penyedia pekerja rumah tangga, saya lebih memilih mencarinya sendiri agar lebih aman”, kata Hayatul kepada bertuahpos.com (5/3/2014).
 
Berikut ini tips mencari pekerja rumah tangga dari Hayatul (48). Salah seorang guru SMA di Rumbai yang sudah lama menggunakan jasa pembantu.:
1. Sebaiknya memilih pekerja rumah tangga yang masih ada hubungan kekeluargaan
2. Pilihlah orang yang sudah berkeluarga dan usahakan yang seiman dengan si pemilik rumah
3. Jika tidak ada kerabat atau saudara, bisa juga mencari melalui tetangga atau teman yang sudah mempunyai pembantu rumah tangga sebelumnya
 
4. Tidak ada salahnya jika sesekali kita berikan tes kecil-kecilan untuk mengetahui tingkat kejujuran si calon pembantu. (smr)