Tidur Lama Saat Puasa Picu Bau Mulut

Sabtu, 03 Juni 2017 12:09

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Saat berpuasa, pastinya konsentrasi saat berbicara terganggu, dikarenakan bau mulut yang kurang enak. Ini membuat anda merasa tidak percaya diri saat berbicara di depan lawan bicara.

Seperti yang dikatakan drg. Mirza Magku Anom kepada bertuahpos.com. “Perlu di ketahui bau mulut di saat berpuasa, salah satu penyakit yang selalu menyerang setiap orang yang sedang berpuasa. Terutama kesehatan mulut, gigi dan lambung. Selalu dijaga saat berpuasa, karena ini semua berpengaruh terhadap bau yang dikeluarkan melalui mulut,” ujar drg. Mirza kepada bertuahpos.com, Sabtu (3/6/2017).

Dan perlu anda ketahui, penyebab bau mulut, tidak hanya disebabkan karena memakan makanan yang berbau tidak sedap. Bahkan sesorang yang mengidap penyakit maag dan diabetes, juga bisa membuat nafas anda mengeluarkn bau tidak sedap.

“Bau mulut ini banyak sebabnya, terkadang seseorang yang mempunyai sakit maag dan diabetes, juga bisa membuat mulut mengeluarkan bau yang menyengat. Terkadang juga gigi yang berlubang juga menyebabkan bau mulut,” ujar drg. Mirza, Sabtu (3/6/2017).

Baca: Anak-anak Sekarang Cepat Menguasai Gadget

Baca: Ini Dia Syarat Donor Darah Saat Bulan Puasa

Tidak hanya itu saja, ternyata tidur setelah makan sahur dan tidur pada siang hari juga bisa membuat mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap. Dikarenakan di saat makanan masuk, organ pencernaan membutuhkan tenaga untuk mencairkan makanan dan memerlukan masukan oksigen dalam lambung.

Sedangkan saat tidur mulut tertutup, sehingga nafas di dalam mulut tidak bertukar, mulut akan menjadi kering. Sehingga air liur menjadi beku. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya bau mulut.

“Maka dari itu, kurangilah tidur setelah sahur dan pada siang hari. Boleh tidur siang hari, tapi jangan lama-lama. Dan sering-sering bernafas menggunakan mulut, supaya nafas selalu bertukar,” tutup drg. Mirza. (bpc11)