Tetap Intim di Usia Senja

Rabu, 29 Desember 2021 11:21
Tetap Intim di Usia Senja

BERTUAHPOS.COM – Sebagian pasangan suami-istri (pasutri) cenderung enggan melakukan hubungan intim di usia yang tidak lagi muda. Padahal, hubungan intim merupakan salah satu perekat saat usia perkawinan terus bertambah.

Bagi pasangan muda, aktivitas seksual bisa jadi merupakan saat-saat yang paling dinanti. Gairah dan energi yang masih tinggi membuat hubungan intim dilakukan menggebu-gebu. Bahkan, sebagian di antaranya bisa melakukannya setiap hari.

Namun, seiring perjalanan waktu dan usia perkawinan memasuki usia lebih dari 10 tahun, gairah seksual sejumlah pasanganpun mulai meredup. Terlebih saat anak-anak mulai beranjak dewasa dan mulai mendapatkan cucu, pasangan suami-istri mulai enggan melakukan hubungan intim.

Wajar tentunya, mengingat orang-orang yang telah berusia lanjut secara alami mengalami penurunan hormonal, seperti hormon estrogen, progesteron,dan juga androgen. Akibat penurunan hormon ini akan memengaruhi gairah seks yang terkadang ikut menurun.

Baca: Kebiasaan Baik yang Bisa Bikin Anda Lebih Sukses

Tak hanya itu, orang-orang yang telah berusia 40 tahun biasanya lebih disibukkan oleh beberapa aktivitas,seperti pekerjaan maupun keluarga. “Aktivitas seksual terkait erat dengan aspek fisik dan psikologiskedua pasangan,” ungkap Asistant Professor dari Departement Obstetric dan Ginecology Feinberg School of Medicine Northwestern University George Lazarou.

Hubungan intim antar pasangan membutuhkan kesiapan fisik dan emosi untuk menjalin keintiman. Sementara emosi meliputi perasaan terhadap pasangan, pengalaman melakukan hubungan bersama pasangan dan kepuasan seksual.

Pada wanita, saat usia 30-an sampai awal 40-an akan merasakan kenikmatan hubungan intim bersama pasangan. Namun, tetap saja kualitas pasangan dipengaruhi oleh situasi, usia, tingkat hormonal dan kesehatan secara keseluruhan. ”Selanjutnya wanita akan memasuki masa menopause, sedangkan pria akan mengalami andropause,” kata Lazarou, seraya menambahkan bahwa kondisi itu akan mengakibatkan penurunan libido seksual.

Begitu hormon mulai berkurang,maka kondisi psikologis seseorang pun akan terpengaruh. Itu sebabnya, seorang wanita pada masa itu akan menolak untuk berhubungan seksual. Berbagai alasan pun mereka kemukakan. Mulai dari rasa tidak nyaman saat berhubungan, sampai dengan tekanan psikologis yang mereka rasakan seusai melakukan hubungan intim.

Menurut psikolog dari LembagaTerapan Psikologi Universitas Indonesia Irma Gustiana A MPsi, pada masa itu pria dan wanita mengalami krisis usia pertengahan yang memengaruhi kehidupan seksual. Pada wanita karena memasuki menopause, berarti cairan vagina (lubrikasi) berkurang.

Walaupun masih bisa melakukan hubungan seksual, wanita menopause cenderung tidak merasakan kenyamanan karena sakit saat berhubungan. Kondisi tersebut diperparah dengan keadaan fisik yang mulai memudar, apalagi bagi kaum hawa. Bentuk badan yang tidak lagi bagus, wajah keriput turut mengurangi tingkat kepercayaan diri. Wanita pun lebih disibukkan dengan pekerjaan rumah tangga. Alhasil, gairah seksual pun bukan lagi menjadi prioritas.

”Sedangkan pada pria, setelah memasuki usia pensiun akan terjadi perubahan ekonomi, ”papar Irma. Saat memasuki masa pensiun, banyak hal yang mesti disesuaikan karena tidak ada pemasukan bisa menyebabkan stres. Emosi menjadi tidak stabil sehingga muncul pikiran tidak mampu memuaskan pasangan.

Perubahan-perubahan ini mengakibatkan gairah seksual menurun. “Kondisi kesehatan secara keseluruhan seperti penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes juga menyumbang penurunan gairah seksual di usia senja,” tandas Irma. (bpc3)

Berita Terkini

Kamis, 27 Januari 2022 22:09

Kasus Omicron Muncul di Sumbar, Anggota Dewan Minta Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru Awasi Perbatasan

15 kasus Covid-19 Omicron terdeteksi di Provinsi Sumatera Barat, Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru diminta segera ambil tindakan

Kamis, 27 Januari 2022 21:10

Debut Timnas Indonesia vs TImor Leste, Ronaldo Kwateh Trrending Topik

Timnas Indonesia vs Timor Leste di FIFA Matchday, Kamis (27/1) malam WIB. Fakta dan rekor menarik terjadi yang dibuat Ronaldo Kwateh

Kamis, 27 Januari 2022 18:02

Covid Omicron Muncul di Sumbar, PAEI Riau Minta Warga Tak Panik

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaporkan kemunculan 15 kasus Covid-19 varian Omicron di wilayahnya, per 27 Januari 2022.

Kamis, 27 Januari 2022 17:15

Sore Ini Muncul 38 Hotspot di Sumatera, BMKG: Satu Titik di Bengkalis

Puluhan hotspot atau titik panas muncul di Pulau Sumatera, Kamis sore 27 Januari 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi ada satu titik muncul di Provinsi Riau

Kamis, 27 Januari 2022 17:07

Warga Kampung Miliarder di Tuban yang Kaya Mendadak Karena Jual Tanah ke Pertamina, Kini Nganggur dan Susah Cari Makan

Masih ingat desa miliarder di Tuban yang kaya mendadak karena tanahnya dibeli oleh Pertamina? Kini terbaru banyak warga mulai kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sebab jadi pengangguran

Kamis, 27 Januari 2022 16:30

Ditanya Deddy Corbuzier Soal KUA Blacklist Namanya, Ini Kata Vicky Prasetyo

Vicky Prasetyo bercerai dengan Kalina Oktarani. Terbaru Vicky diundang ke channel youtube Deddy Corbuzier

Kamis, 27 Januari 2022 16:10

Covid Omicron Muncul di Sumbar, Syamsuar Belum Ada Rencana Pengetatan Wilayah Perbatasan

Riau sejauh ini belum ada rencana untuk melakukan pengetatan dan penyekatan wilayah perbatasan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:42

Anggota DPRD Riau Soroti Kasus BB Ilegal Loging di Kuansing yang Tiba-tiba Hilang

Hilangnya BB berupa alat berat dalam kasus ilegal loging di Kuansing sangat mencurigakan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:35

Ini yang Tak Bisa Dilupakan Andre Taulany Dengan Tukul Arwana

Andre Taulany menjenguk Tukul Arwana yang sedang sakit. Andre menyampaikan kondisi Tukul sudah semakin membaik.

Kamis, 27 Januari 2022 15:05

Moderna Inc Laporkan Produksi Vaksin Khusus Omicron Sudah Separuh Jalan

Penelitian yang mereka lakukan untuk vaksin khusus melawan Covid Omicron sudah setengah jalan.