Taktik Jitu Agar Awet Muda

Kamis, 21 Agustus 2014 17:33

BERTUAHPOS.COM, Kendati proses penuaan adalah sesuatu yang alami, bukan berarti Anda tidak dapat berbuat apapun untuk merawat kulit agar selalu sehat dan awet muda. Dan hal tersebut tidaklah sesukar atau semahal yang dibayangkan. Ini Dia tipsny dilansir laman Femina.com:
1. Tidur cukup
Kualitas tidur yang cukup baik akan mengurangi stres yang Anda alami. Selain itu, tidur dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Usirlah lemak berlebih
Lemak tubuh berlebih, khususnya di sekitar perut, berisiko tinggi menimbulkan penyakit jantung. Mereka yang memiliki berat badan ideal memiliki kesempatan untuk hidup lebih lama dibandingkan mereka yang kegemukan.

3. Konsumsi buah dan sayur
Dengan meninggalkan buah dan sayuran dari menu sehari-hari, berarti Anda kehilangan phytochemical yang sangat bermanfaat untuk membangkitkan energi dan mengusir penyakit.

4. Stop merokok
Rokok, dengan jenis apa pun, dapat menyebabkan Anda terkena kanker, sakit jantung, bronchitis kronis, dan asma. Berhentilah merokok mulai saat ini dan mulailah hidup bersih tanpa tembakau. A

Baca: Atasi Bullying oleh Anak, Ortu dan Guru Harus Berperan Aktif

5. Kurangi berat badan
Mereka yang kelebihan berat badan cenderung lebih mudah mengalami cidera berat saat terjadi kecelakaan mobil. Menurut penelitian di Washington, orang yang berat badannya berkisar antara 100-119 kg mempunyai risiko cidera 2,5 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan mereka yang berberat badan kurang dari 60 kg.

6. Stop alkohol
Sekitar 67% alkohol yang dikonsumsi seseorang akan berakibat buruk pada kesehatannya. Mengonsumsi alkohol berlebihan dapat merusak liver dan terserang stroke. Jadi, berhentilah meminum alkohol, seperti bir dan wine.

7. Terapkan pola makan seimbang
Kalau Anda tak menghiraukan menu tepat sebagai pola makan yang sehat, umur Anda bisa menjadi lebih pendek karena zat-zat gizi yang diperlukan tubuh tak bisa Anda penuhi. L

8. Batasi asupan kalori
Membatasi asupan kalori ke dalam tubuh akan memperlambat timbulnya penyakit yang menyebabkan penuaan. Mengurangi cemilan berarti memperlambat metabolisme. Wanita yang mengomsumsi makanan 30% lebih sedikit, wajahnya akan terlihat lebih muda dan segar karena melambatnya proses penuaan.(*)