Studi: Pengguna Transportasi Umum Cenderung Lebih Kurus

Rabu, 20 Agustus 2014 14:31

BERTUAHPOS.COM – Jika Anda termasuk pengguna kendaraan pribadi saat ke kantor, ada baiknya meninggalkan kebiasaan ini. Menurut studi terbaru di Inggris, orang yang menggunakan transportasi umum, sepeda, dan berjalan kaki menuju tempat kerja cenderung lebih kurus.

“Anda mungkin dapat memangkas kesempatan memiliki berat badan berlebih dan mencapai komposisi tubuh sehat juga,” ujar Ellen Flint, peneliti yang memimpin studi seperti dilansir kantor berita Reuters.

Flint dan koleganya dari London School and Tropical Medicine dan University College London menggunakan data yang dikumpulkan dari sampel nasional warga Inggris. Para responden ini dikunjungi oleh perawat dan diminta menjawab pertanyaan survei.

Dari hasil survei tersebut, peneliti berhasil mengumpulkan data lemak tubuh dari 7.424 responden serta indeks massa tubuh dari 7.534 responden.

Baca: Kalahkan Persita, Kalteng Putra Raih Tiket Terakhir Promosi ke Liga 1

Kemudian, dalam survei ini juga terungkap bahwa 76 persen dan 72 persen wanita menggunakan kendaraan pribadi –umumnya mobil– ke tempat kerja.

Sementara itu, 10 persen pria dan 11 persen wanita menggunakan transportasi umum. Sisanya, 14 persen pria dan 17 persen wanita memilih active transport, seperti berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja.

Setelah disesuaikan dengan faktor yang dapat memengaruhi berat tubuh atau lemak tubuh, seperti status sosial ekonomi serta olahraga, peneliti menemukan bahwa orang yang berjalan kaki, bersepeda, dan menggunakan transportasi umum memiliki rata-rata indeks massa tubuh serta persentase lemak tubuh lebih rendah dibandingkan orang yang menggunakan kendaraan pribadi.

“Bila Anda membandingkan transportasi umum dengan kendaraan pribadi, hasilnya cukup mirip dengan ketika Anda membandingkan active transport dengan kendaraan pribadi,” ucap Flint.

Amy Auchincloss dari Drexel University di Philadelphia mengatakan bahwa hasil penelitian ini cukup kuat karena berdasarkan data dari orang-orang yang hidup di wilayah berbeda, meski penemuan itu pada dasarnya tidak membuktikan bahwa active transport dan menggunakan transportasi umum bisa menurunkan berat badan.(Viva)