Studi: Bos Terbaik adalah yang Tidak Sombong

Sabtu, 02 Agustus 2014 14:23
BERTUAHPOS.COM – Banyak atasan yang sering memamerkan kemampuannya dalam bekerja mengingat hal tersebut dianggap dapat menarik banyak investor. Namun begitu, sebuah studi yang digelar WP Carey School di Arizona State University membuktikan, atasan yang terbaik adalah para bos yang rendah hati.
 
Mengutip laman Forbes, Sabtu (2/8/2014), atasan yang rendah hati dapat menjadi sosok yang kuat dalam memimpin para karyawannya. Rendah hati dalam penelitian tersebut didefinisikan sebagai sosok pimpinan yang terbuka menerima kritik, fokus agar bisa bekerja lebih baik dan tidak menganggap remeh kemampuan karyawannya.
 
Penelitian yang dipimpin Profesor Management Arizona State University Angelo Kinicki tersebut menemukan, semakin rendah hati seorang CEO maka semakin positif reaksi yang akan dikeluarkan para karyawannya. Bahkan para manajer merasa pekerjaannya semakin bermakna kala sang atasan menunjukkan sikap yang rendah hati.
 
Para karyawan juga merasa lebih percaya diri dan tak takut mengungkapkan pendapat mengingat sang atasan akan menerimanya dengan tangan terbuka. Lebih dari itu, para karyawan merasa lebih termotivasi untuk bekerja dengan baik melihat sikap bosnya yang tidak tinggi hati.
 
Para manajer juga akan merasa lebih terikat dan semakin berkomitmen pada pekerjaannya saat mendapati bosnya bersikap rendah hati.
 
“Banyak pegawai yang senang dipekerjakan dan diperlakukan secara adil di tempat kerja. Itu tak hanya berlaku di AS tapi juga berbagai negara di seluruh penjuru dunia,”  ungkap Kinicki.
 
Meski demikian, dia mengatakan, AS merupakan salah satu negara yang terbilang sangat individualistik. Menurutnya, sulit bagi para atasan untuk bersikap rendah hati dengan karakter bangsa tersebut.
 
Sekadar informasi, Kinicki bekerja sama dengan sejumlah mahasiswanya di China untuk mewawancarai 63 CEO di sejumlah perusahaan swasta. Tak hanya itu, tim peneliti juga menggelar studi pada sekitar 1.000 manajer teratas di banyak perusahaan. (Sis/Nrm/liputan6)

Berita Terkini

Minggu, 31 Mei 2020 22:47

Motor Stay di Garasi, Perlukah Ganti Oli?

#OTOMOTIF

Minggu, 31 Mei 2020 22:20

Bencana Banjir Jadi Momok di Indonesia

#BENCANA

Minggu, 31 Mei 2020 22:05

Jangan Mencela Ciptaan Allah

#ISLAMPEDIA

Minggu, 31 Mei 2020 21:20

Final Piala FA, Fans Berpeluang Hadir di Stadion

#OLAHRAGA

Minggu, 31 Mei 2020 21:07

Masjid Al-Aqsa Dibuka Kembali

#ISLAMPEDIA

Minggu, 31 Mei 2020 19:48

Yuk Buat Silky Puding untuk Buka Puasa

RESEP MASAK

Minggu, 31 Mei 2020 17:33

Tabah Dalam Menghadapi Ujian Kehidupan

#ISLAMPEDIA