Sering Sakit Gigi? Ini Penyebabnya

Senin, 02 Januari 2017 17:02
Sering Sakit Gigi?  Ini Penyebabnya

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Caries gigi biasanya disebut dengan gigi berlubang,  penyakit ini merupakan penyakit umum pada rongga mulut.

Jika anda sering merasakan sakit gigi, ini akibat caries gigi karena adanya demineralisasi atau larutnya mineral gigi akibat asam yang dihasilkan oleh bakteri plag.

Advertisement

“Bakteri plag sendiri meningkat dengan adanya konsumsi makanan yang lengket dan mengandung gula, sehingga caries gigi mula-mula terjadi pada kedalaman email yang tidak menyebabkan sakit,  namun lama-lama akan berlanjut pada kedalaman detin dengan rasa ngilu jika makan manis, asam dan dingin,” jelas drg. Alki Marlino, Senin (2/1/2017)

Lanjut, drg. Alki mengatakan jika tidak dirawat,  caries gigi akan menyebabkan pulpitis atau rasa yang teramat sakit, dan berlanjut pada kematian pulpa. Â

Baca: Terapkan Istilah “Don’t Judge People by It’s Cover”

Tak hanya itu,  Jika infeksi menyebar melalui pembuluh darah maka akan menyebabkan penyakit jantung, ginjal, sendi, hidung dan mata yang kronis.

“Untuk mencegah pergeseran penyakit maka langkah yang harus dilakukan yaitu dengan pencabutan gigi karena caries tersebut,  dan hal itu akan menurunkan kemampuan mengunyah,” ujar drg.Alki.

Menghindari terjadinya proses caries dan pencabutan gigi,  maka drg. Alki menyarankan agar dapat merawat gigi dengan sikat gigi dengan cara yang baik dan benar.

Penulis : Eli Suwanti