Sering Melewatkan Sarapan? Ini Bahayanya

Minggu, 21 Februari 2016 12:41

BERTUAHPOS.COM(BPC) – Sarapan merupakan salah satu aktivitas yang sebaiknya wajib dilakukan oleh semua orang. Pada dasarnya, sarapan sendiri tidak mengharuskan seseorang makan nasi atau makanan berat lainnya. Sarapan bisa saja dilakukan dengan makan buah, makan kue, makan roti atau minum segelas susu atau teh. Banyak ahli kesehatan mengungkapkan bahwa sarapan adalah aktivitas yang sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Sangat sayang rasanya jika seseorang seringkali mengabaikan sarapan. Dikutip dari laman forbes.com, sering mengabaikan sarapan bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Beberapa bahaya dari mengabaikan sarapan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Risiko Serangan Jantung, Beberapa penelitian menyebutkan jika kebiasaan melewatkan sarapan pagi akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Dari 27 ribu orang yang diteliti oleh peneliti di University of Harvard, lebih dari 27% orang tersebut mengalami risiko serangan jantung karena sering kali mengabaikan sarapan. Mereka yang sering kali mengabaikan sarapan juga sangat berisiko menderita jantung koroner.

Meningkatkan Stres, Para ahli juga mengungkapkan bahwa mereka yang sering melewatkan sarapan juga akan lebih mudah merasa stres. Tidak hanya stres, mereka dikatakan juga akan lebih mudah mengalami depresi. Kenapa hal ini bisa terjadi? Perut yang kosong akan menyebabkan sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik. Nutrisi yang harusnya tersalurkan di dalam tubuh dengan baik akhirnya terhambat karena perut kosong dan tidak ada nutrisi yang bisa disalurkan.

Baca: Beberapa Fakta Unik Jambu Bagi Tubuh

Berat Badan Meningkat Dengan Mudah, Apakah anda ingin memiliki berat badan ideal dan tubuh langsing serta sehat? Jika iya, pastikan untuk selalu sarapan setiap pagi. Study menemukan bahwa mereka yang sering kali melewatkan sarapan justru cenderung mengalami peningkatan berat badan lebih mudah dan lebih cepat. Hal ini terjadi karena, saat pagi hari tidak sarapan, kemungkinan besar di siang dan malam hari orang ini akan makan dengan porsi yang lebih banyak. Karena porsi yang lebih banyak inilah, ini memungkinkannya mengalami peningkatan berat badan lebih mudah dan cepat.

Menurunkan Kemampuan Berpikir dan Meningkatkan Emosi, Bahaya selanjutnya dari kebiasaan mengabaikan sarapan adalah kemampuan berpikir menjadi menurun dan emosi meningkat. Perut kosong sering kali membuat konsentrasi berantakan dan tidak fokus lagi. Tak hanya itu saja, perut kosong juga akan memudahkan seseorang merasa cepat emosi, cepat marah dan stres. So, jika anda ingin selalu tenang setiap harinya, nyaman dan mampu berpikir maksimal, jangan sampai melewatkan sarapan.


Nah ..Itulah beberapa bahaya ketika seringkali mengabaikan sarapan. Bahaya lain yang akan rasa ketika sering kali mengabaikan sarapan adalah sistem pencernaan buruk, mudah lelah, mudah letih, sistem kekebalan tubuh lemah, rentan terhadap berbagai risiko penyakit berbahaya dan mudah mengantuk. Mengingat begitu banyak bahaya yang akan di dapatkan karena mengabaikan sarapan, pastikan untuk selalu sarapan setiap harinya. Kalau pun tidak ada waktu buat sarapan nasi atau roti juga buah, masih bisa minum air putih saat pagi hari. Semoga informasi ini bermanfaat. (L)