Sediakan Waktu untuk Melakukan “Passion”

Kamis, 20 Maret 2014 15:55

BERTUAHPOS.COM Salah satu cara untuk meraih keseimbangan hidup adalah melakukan apa yang menjadi bakat dan kesenangan, alias passion kita. Namun, kebanyakan orang beralasan tidak ada waktu.

Setiap manusia memiliki jumlah waktu yang sama, 24 jam setiap harinya. Jika kita mau mengevaluasi bagaimana kita menghabiskan waktu tersebut, sebenarnya rata-rata kita punya waktu minimal satu jam untuk melakukan hal yang sangat penting, passion.

Apa yang menjadi passion kita adalah harta yang harus ditemukan. Sebagian orang beruntung punya pekerjaan yang membuat mereka hidup sesuai passion-nya, misalnya saja jurnalis, desainer, atau seorang chef.

Tapi, kebanyakan orang tidak seberuntung itu. Walau begitu, kita sebenarnya tetap bisa menjadikan passion kita sebagai prioritas.

Baca: 7 negara paling damai di dunia

1. Sadari waktu yang dimiliki
Lihatlah rata-rata waktu yang kita habiskan dalam seminggu. Berapa jam kita habiskan untuk menonton televisi atau asyik mengulik media sosial? Jika kita merasa waktu kita sedikit, mengapa tak membatasi waktu menonton televisi atau bersosialisasi di media sosial. Sisakan lebih banyak waktu untuk melakukan hal yang lebih berguna.

2. Tingkatkan ilmu
Jika passion Anda adalah sesuatu yang bersifat artistik seperti puisi atau melukis, mengapa Anda tak mengikuti kursus untuk memperdalam minat? Ajak pasangan atau anak, ini bisa menjadi cara yang berbeda untuk dihabiskan dengan orang terkasih.

3. Gunakan waktu secara bijaksana
Dalam perjalanan ke kantor, mengantri, atau ketika Anda datang lebih awal dalam sebuah janji pertemuan, gunakan waktu-waktu tersebut dengan lebih bijaksana. Misalnya, menulis blog atau membaca ulang teori yang Anda pelajari dalam kursus. Intinya adalah memanfaatkan waktu sesempit apa pun untuk melakukan apa yang kita sukai.

4. Katakan tidak
Jika Anda merasa tidak yakin untuk datang ke sebuah acara, mungkin akan lebih baik jika waktu tersebut dihabiskan untuk melakukan hal yang lain. Pikirkan banyaknya waktu yang sebenarnya bisa Anda manfaatkan.

5. Nikmati prosesnya
Berhubungan kembali dengan apa yang menjadi passion kita bisa menjadi sumber kebahagiaan. Berupaya untuk menyediakan waktu untuk melakukannya akan meningkatkan kepuasan hati.(kom/smr)