Sarang Semut, Obatnya Berbagai Penyakit

Selasa, 15 April 2014 19:00

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tanaman sarang semut sudah lama dikenal sebagai salah satu obat herbal.  Milda, pemilik pusat pengembangan tanaman obat Indonesia di Riau, Selasa (15/04/2014) menjelaskan ada banyak manfaat dari tanaman ini.

“Ada banyak manfaat yang terkandung dalam tanaman sarang semut. Diantaranya sebagai obat gangguan jantung, karena sarang semut mengandung multi-mineral, terutama kalsium dan kalium,” terangnya.
 
Selain itu juga bisa untuk mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes meletus. Hal ini karena sarang semut memilki  kemampuan herbal ini untuk memulihkan fungsi organ tubuh, khususnya pankreas. Organ inilah yang dapat menghasilkan hormon insulin yang cukup, dengan demikian gula darah dapat diolah menjadi zat yang mudah diserap oleh tubuh. Sarang semut juga mampu untuk mengobati ambeien hal itu karena kandungan flavonoid dan taninnya yang tinggi.Kedua golongan senyawa ini dalam beberapa penelitian memang sudah terbukti dapat mengobati wasir.

Ia juga menambahkan masih banyak manfaat tambahan lainnya dari sarang semut seperti untuk menyembuhkan paru-paru,gangguan alergi hidung, melancarkan dan meningkatkan asi, dan memulikan stamina tubuh.(yogi)