Resep Agar Rambut Hitam Alami

Sabtu, 03 Agustus 2013 12:10
Rambut tersusun dari protein-protein di dalam tubuh dan mendapatkan pigmentasi alami yang disebut melanin. Melanin inilah yang menentukan warna rambut seseorang. Para wanita Asia, punya melanin yang membuat rambutnya berwarna hitam. Dan warna tersebut bisa saja berubah apabila dipengaruhi oleh bahan-bahan kimia tertentu, paparan sinar matahari, dan lain sebagainya.
 
Umumnya, rambut hitam memang mudah sekali pudar, terlihat kusam, teksturnya menjadi kasar dan kering apabila terlalu sering terpapar bahan kimia dan sinar matahari. Mengembalikan warna alaminya tentu juga tidak mudah, dibutuhkan perawatan yang telaten dan rutin untuk itu.
 
Dewasa ini, warna rambut wanita Asia justru lebih mudah pudar dan ditumbuhi rambut putih. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar matahari dan penggunaan bahan-bahan kimia tadi. Berbeda dengan jaman dahulu, ketika bahan-bahan alami masih digunakan, warna rambut wanita jadi awet hitam hingga usia tuanya.
 
Apa sih rahasianya?
 
Ternyata para wanita jaman dulu rajin merawat rambut dengan minyak alami yang ada di sekitar mereka. Memassagekan dari kulit kepala hingga ke setiap helai rambut, sehingga rambut tetap hitam dan tak ditumbuhi uban.
 
  • Minyak jarak
 
Minyak jarak dikatakan sebagai minyak terbaik untuk mengatasi segala jenis problem pada rambut. Berfungsi melindungi rambut dari sinar matahari serta menjaga agar tidak mudah pudar, perawatan ini bila dilakukan secara rutin akan membantu menghitamkan rambut.
 
Rambut juga tumbuh lebih subur serta sehat.
 
  • Minyak kelapa
 
Nah, minyak kelapa ini juga dapat menyuburkan serta menghitamkan rambut. Mengaplikasiannya adalah dengan memanaskan di tungku, kemudian dimassage merata ke seluruh kulit kepala.
 
Massage dilanjutkan dengan aplikasi pada seluruh batang rambut, dari pangkal hingga ke ujung.
 
  • Minyak bunga sepatu
 
Minyak yang satu ini cukup beken di India, karena dapat membantu menghitamkan rambut. Cara aplikasinya sama seperti minyak lainnya. Selain itu, minyak bunga sepatu juga dapat menjadi sunscreen alami bagi rambut.
 
  • Mustard Oil
 
Dikutip dari boldsky, mustard oil mengandung vitamin dan mineral yang membantu memaksimalkan pertumbuhan rambut. Selain itu, ia juga melindungi pigmen rambut sehingga menjaganya agar tetap hitam dan kuat.
 
Perawatan rambut ini bisa dilakukan setiap minggu atau setiap dua minggu sekali secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. 
 
(vemale.com)