Ragam Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kamis, 23 Januari 2020 12:54



BERTUAHPOS.COM – Tebu merupakan jenis tanaman khas daerah tropis yang biasa digunakan untuk pembuatan gula. Tanaman yang dikenal dengan nama asing sugar cane ini merupakan jenis rumput-rumputan dengan umur 1 tahunan.

Selain dibuat gula, tebu yang matang bisa dimakan langsung dengan menyisik kulit kerasnya. Namun batang tebu yang dimakan hanya diambil airnya dan membuang sepahnya.

Rasa tebu yang manis mengindikasikan adanya kandungan glukosa yang tinggi. Karena itulah manfaat air tebu sangat baik sebagai sumber energi. Namun tebu masih mengandung nutrisi lain yang penting untuk tubuh.

Nutrisi tebu lainnya adalah karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, fosfor dan zinc. Kadar glukosa atau gula alami dalam air tebu mencapai 15 persen.

Baca: Messi Dikartu Merah, Argentina Juara 3 Copa America 2019

Manfaat Air Tebu Murni untuk Kesehatan dan Kecantikan

Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat minuman air tebu cocok dengan ditambah es batu atau diminum dingin. Berkut ini segudang manfaat air tebu murni untuk kesehatan dan kecantikan dilansir dari berbagai sumber.

Sumber Energi Tubuh

Rasa manis air tebu mengandung sukrosa atau gula sederhana yang mudah diserap tubuh. Glukosa alami ini sangat baik untuk tubuh ketimbang hasil gula yang telah jadi. Minum air tebu mampu membangkitkan energi dan semangat.

Mencegah dan Mengatasi Kanker

Manfaat air tebu untuk kesehatan yang cukup ampuh adalah untuk mencegah dan melawan kanker, khususnya kanker prostat dan kanker payudara. Penelitian menemukan kandungan flavonoid dalam tebu mampu menekan pertumbuhan sel kanker.

Melindungi Fungsi Hati

Konsumsi air tebu secara rutin juga berkhasiat untuk meredakan penyakit kuning (jaundice). Untuk hasil yang efektif, minum saja air tebu dengan dicampur air perasan jeruk nipis untuk meningkatkan kesehatan hati.

Baik untuk Penderita Diabetes

Meskipun rasanya manis, namun kandungan sukrosa air tebu mempunyai indeks glikemik rendah, sehingga memberikan manfaat air tebu untuk diabetes. Namun agar lebih aman sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum penderita diabetes mengkonsumsinya.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor dalam air tebu juga berkhasiat untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. Minum air tebu secara rutin sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang dan mencegah kerusakan gigi.

Menguatkan Otot

Meminum air tebu juga memberikan manfaat air tebu untuk pria, khususnya yang ingin membentuk otot. Kandungan glukosa alami air tebu sangat dibutuhkan tubuh untuk menguatkan otot.

Membuang Racun dari Tubuh

Minum air tebu secara berkala juga berkhasiat dalam membuang dan membersihkan racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi minuman ini secara teratur ampuh dalam melancarkan metabolisme.

Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Manfaat air tebu untuk ginjal juga ampuh, khususnya untuk mengatasi batu ginjal, prostatitis dan infeksi saluran kemih. Minum jus tebu dengan air kelapa dan lemon berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Menyuburkan Rambut

Air tebu yang kaya mineral juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut dan mengatasi problem kerontokan rambut. Coba gunakan air tebu untuk keramas agar rambut lebih lembut dan lebih sehat.

Mengatasi Jerawat

Meminumnya secara teratur juga memberikan manfaat air tebu untuk kecantikan wajah. Kandungan alpha hydroxy acids (AHAs) seperti asam glikolat dalam air tebu berkhasiat mengusir jerawat. Cobalah gunakan masker wajah dari jus tebu.

Bersifat Anti Penuaan Dini

Kandungan senyawa fenolik, flavonoid dan antioksidan dalam air tebu ternyata berkhasiat untuk perawatan wajah. Gunakan saja air tebu untuk mencuci muka atau sebagai masker untuk menghaluskan dan mencerahkan wajah.

Itulah berbagai manfaat air tebu yang kaya dengan glukosa alami dan mineral penting. Minum air tebu secara berkala sangat baik untuk menjaga kebugaran dan imunitas tubuh.

(bpc3)

 

Berita Terkini

Senin, 24 Februari 2020 18:15

Secuil Keluh Kesah untuk Setahun Syamsuar-Edy Memerintah

REFLEKSI SETAHUN KEPEMIMPINAN SYAMSUAR-EDY

Senin, 24 Februari 2020 15:26

Harga Mobil Hartop Bekas Tahun 1981

OTOMOTIF

Senin, 24 Februari 2020 13:14

Ahmad Syah: SK EHA 2020 Dikeluarkan Serentak Maret Nanti

ISLAMPEDIA

Senin, 24 Februari 2020 12:22

INSPIRASI STORY: Atlet Tenis Merajuk Pada Dosennya

INSPIRASI STORY

Senin, 24 Februari 2020 11:03

Catatan Sejarah 24 Februari: Gugurnya Arif Rahman Hakim

SEJARAH