Perlihatkan Pada Dunia Potensi dan Kemampuan Anda

Selasa, 04 Maret 2014 07:18
Perlihatkan Pada Dunia Potensi dan Kemampuan Anda

BERTUAHPOS.COM – Apa pun kemampuan yang Anda miliki, baik andal dalam ilmu akuntansi, tulis menulis, menggambar dan lain-lainnya, tak akan ada gunanya bila dibiarkan tersimpan dalam hati. Berikut tiga cara untuk menunjukkan kemampuan dan bakat dalam diri kepada perusahaan dan orang sekeliling Anda.

Buat atasan ingat

Masih ragu menentukan potensi diri yang paling kuat? Coba deh iseng-iseng tanyakan pada bos tentang kelebihan Anda di matanya. Misalnya, apakah Anda punya kemampuan dalam mengurus detail angka atau kemampuan membuat ide-ide cemerlang. Sebab, atasanlah yang selama ini paling menyadari akan kinerja Anda di kantor.

Selain mendapatkan masukan baru, cara ini akan membuat atasan ingat kembali potensi kita yang sebenarnya yang mungkin selama ini terlewatkan atau terlupakan.

Baca: Heboh Lele Barbie, Ikan Lele yang Berubah Warna Jadi Pink

Lakukan rumus 3 L

Apa itu rumus 3 L? Listening, learning, leading. Menurut career coach, rumus 3 L ini bisa mengurangi stres karier hingga 30 persen, membuat Anda mampu menyelesaikan deadline tepat waktu, serta lebih dekat dengan kesuksesan.

  1. Dengarkan apa ekspektasi bos dan klien (listening), tentang kinerja Anda selama ini. Bisa jadi, Anda merasa sudah bekerja setengah mati, tapi nyatanya tak dianggap efektif oleh mereka. dengan begitu apa yang Anda kerjakan bisa tepat sasaran.
  2. Jangan segan untuk belajar dari mereka yang lebih dulu sukses (learning). Kalau mereka bisa, maka Anda pun bisa. Sebab, perbedaan orang yang sukses dan tidak kadang bukan karena perbedaan kemampuan, melainkan kemauan.
  3. Setelah itu, berusahalah agar tak ketinggalan dengan rekan kerja lain, setidaknya sejajar atau berada di depan (leading). Membuat Anda akan terpacu untuk terus berprestasi dan berkembang.

Potensi bisa lebih dari satu

Anda jago dalam bidang seni, tapi bukan berarti tidak bisa berprestasi di bidang yang membutuhkan detail angka. Intinya jangan stuck dan takut untuk mencoba beragam bidang. Minat atau passion bisa ditemukan di segala jenis pekerjaan. Semakin banyak pengalaman, semakin dekat dengan kesuksesan.(kmps)