Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dihindari Saat Haid

Senin, 15 Februari 2016 15:18

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Saat menstruasi, sebaiknya perhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Tidak sembarangan makanan yang baik dikomsusi saat itu.

Karena saat haid, tubuh memberikan reaksi dari perubahan hormon. Karena itu beberapa keluhan yang sering dirasakan oleh wanita, seperti lemah, sakit dibagian perut, pinggang, kram dan lainnya. Maka dari itu harus lebih memperhatikan dan menjaga makanan dan minuman yang dikonsusmi.

” Saat menstruasi ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya kita hindari ,” ungkap Reni salah seorang ahli gizi di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Riau kepada Bertuahpos.com, Senin (16/2/2016).

Reni akan memberikan beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat datangnya menstruasi.

Baca: Perkara Perceraian Tinggi di Pekanbaru, MUI Riau: Perdalam Ilmu Agama Sebelum Menikah

Pertama, seperti makanan yang bersumber dari biji-bijian. Seperti gandum karena bisa menyebabkan gangguan pada kadar gula darah.

Kedua, hindari segala jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan the yang menyebabkan aliran darah sedikit tidak lancar dan dapat menganggu siklus haid berikutnya. Selain itu juga dapat menyebabkan nyeri pada perut dan memperburuk perasaan.

Ketiga, tidak dianjurkan minum yang mengandung alkohol. Karena akan memberikan efek yang buruk untuk sistem reproduksi dan mengubah sistem dari yang normal dalam tubuh termasuk merusak keseimbangan hormon.

Keempat, makanan yang mengandung lemak. Makanan yang berlemak seperti makanan yang digoreng dan lemak daging karena akan menyebabkan peradangan yang parah.

Kelima, jenis makanan dan minuman yang mengandung bahan pemanis. Karena bisa meningkatkan terlepasnya prostaglandin yang menyebabkan sering merasakan sakit pada saat haid.

Keenam, jenis makanan yang dihasilkan dari susu. Karena dapat menyebabkan juga nyeri kram saat menstruasi menjadi makin parah.

Nah, setelah tau apa-apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari saat menstruasi, sebaiknya dapat menghindari. Dengan itu pilih makanan yang membuat menstruasi menjadi lancar tanpa menyebabkan rasa sakit. Dengan ini juga salah satu cara alami untuk menimbulkan keluhan yang biasa terjadi saat menstruasi. (Dilla)