Miliki Tujuan Hidup Bikin Umur Lebih Panjang

Rabu, 11 Juni 2014 08:34

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA — Anda dapat berusia lebih panjang jika memiliki tujuan dan target-target dalam hidup. Sebuah studi yang dilakukan terhadap enam ribu orang partisipan dilakukan oleh tim peneliti. Mereka ditanya apakah memiliki tujuan hidup, termasuk soal hubungan mereka dengan orang lain.

Seluruh partisipan diteliti selama 14 tahun. Sepanjang waktu itu, sekitar sembilan persen darinya meninggal dunia. Merea yang meninggal terbuti yang memilik tujuan hidup kurang jelas dan hubungan sosialnya yang kurang. Hasil penelitian ini sudah diterbitkan di dalam Jurnal Psychological Science.

Memiliki tujuan hidup yang lebih besar di dalam kehidupan dikaitkan dengan rendahnya risiko kematian bagi orang dewasa muda dan dewasa tua. Peneliti mengatakan ada banyak alasan untuk percaya bahwa tujuan hidup yang lebih besar bisa membuat orang yang dewasa tua lebih lama hidup dibandingkan dewasa muda.

“Misalnya, orang dewasa tua biasanya lebih berisiko dibandingkan orang dewasa muda, khususnya setelah mereka meninggalkan profesi kerja atau pensiun. Apalagi ketika mereka kehilangan sumber untuk menghidupi keseharian mereka,” ujar pimpinan peneliti dari Universitas Carleton Kanada, Patrick Hill, dilansir dari Easy Good Health, Senin (9/6).

Baca: Menginggal di Usia 103 Tahun, Kirk Douglas Ternyata Bukan Nama Asli Aktor Legendaris Hollywood Ini

Temuan ini menunjukkan fakta bahwa menemukan arah hidup dan menetapkan tujuan hidup yang menyeluruh tentang apa-apa yang Anda ingin capai bisa membantu Anda hidup lebih lama, terlepas ketika Anda menemukan tujuan hidup Anda diakhir. (Republika)